Jenis-Jenis Reklame beserta Pengertian, Gambar, dan Contohnya

Jenis-jenis reklame mungkin sudah sobat ketahui, baik di jalanan maupun di tempat-tempat umum. Reklame merupakan sebuah pemberitahuan kepada masyarakat umum mengenai produk atau jasa (berisi kata-kata dan gambar yang menarik) dengan tujuan laku di pasaran. 

Apa itu reklame?

Jenis-Jenis Reklame beserta Pengertian, Gambar, dan Contohnya
Gambar Via : borneo24


Secara umum, pengertian reklame yaitu sebuah sarana guna menyampaikan informasi, mempromosikan dan memperkenalkan mengenai sebuah produk atau jasa kepada masyarakat luas melalui penggunaan kata-kata dan gambar yang menarik. 

Sobat pasti sering menjumpai jenis-jenis reklame, baik berdasarkan tujuannya, medianya, sifatnya dan masih banyak lainnya. Apalagi untuk iklan-iklan di TV dan Media Sosial yang demikian merupakan jenis reklame visual. Masih banyak lagi contohnya, misalnya poster slogan di sekolah, baliho yang berisi himbauan dari pemerintah hingga spanduk kampanye ketika pemilu. 

Nah, untuk memperdalam wawasan sobat mengenai jenis-jenis reklame, cermati ulasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Reklame bererta Pengertian, Gambar, dan Contohnya

Sesuai fungsinya untuk menyebarluaskan informasi, sebuah reklame harus dibuat dengan jelas, unik, dan menarik supaya menjadi perhatian publik. Untuk isi reklamenya sendiri harus sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan atau harus jujur dan tidak menipu. 

Ciri-Ciri Reklame

Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa ciri-ciri reklame yang baik yaitu :
  • Isi atau informasi yang termuat jelas dan mudah dimengerti
  • Di dalamnya memuat informasi yang benar
  • Mampu menarik perhatian publik
  • Mudah diingat
Terdapar banyak jenis reklame yang beredar, mulai dari iklan, spanduk, baliho, poster, brosur, pamflet, selebaran, dan masih banyak jenis lainnya. Hal yang terpenting yaitu mampu manyampaikan informasi serta menjangkau khayalak ramai, maka akan termasuk macam-macam reklame.

Di bawah ini terdapat jenis-jenis reklame dan contohnya, baik jenis-jenis reklame berdasarkan tujuan, media, sifatnya, dan lokasi pemasangannya. Berikut jenis-jenis reklame antara lain :

Jenis-Jenis Reklame Berdasarkan Tujuan Pengadaannya

Jenis reklame berdasarkan tujuannya terbagi menjadi dua, yakni reklame komersial dan reklame non-komersial. Berikut penjelasannya :

1. Reklame Komersial

Reklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk komersial untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi, umunya dibuat oleh perusahaan atau badan usaha. Contohnya reklame komersial yaitu, iklan, spanduk, baliho, poster, dan lainnya.


2. Reklame Non-Komersial

Reklame non-komersial adalah reklame yang dibuatdengan tujuan penggunaan umum, baik untuk informasi layanan publik, kepentingan sosial, sosialisasi kebijakan, dan himbauan lain. Contoh reklame non komersial yaitu spanduk ajakan memakai masker, poster tata tertib lalu lintas, dan lainnya.

Jenis Reklame Berdaasarkan Lokasi Pemasangannya

Jenis reklame berdasarkan lokasi pemasangannya terbagi menjadi 2 (dua), yaitu reklame indoor (di dalam ruangan) dan reklame outdoor (di luar ruangan). Berikut penjelasannya :

1. Reklame Indoor

Reklame indoor adalah reklame yang berada atau dipasang di dalam ruangan (indoor). Pada umumnya, reklame ini memiliki ukuran kecil dan berbahan kertas biasa. Contohnya reklame indoor yaitu selebaran, brosur, poster dinding, dan lainnya.

2. Reklame Outdoor

Reklame outdoor adalah reklame yang berada atau dipasang di luar ruangan (outdoor). Pada umumnya, jenis reklame ini memiliki ukuran besar dan terbuat dari bahan yang anti air dan sinar matahari. Contoh reklame outdoor yaitu spanduk, baliho, iklan di LED, dan lainnya.

Jenis Reklame berdasarkan Sifatnya

Jenis reklame berdasarkan sifatnya terbagi menjadi tiga, yaitu reklame peringatan, reklame penerangan, dan reklame permintaan. Berikut penjelasannya :

1. Reklame Peringatan

Reklame peringatan adalah reklame untuk mengingatkan publik dalam melakukan hal-hal tertentu. Contoh reklame peringatan yaitu reklame himbauan pemerintah, reklame rambu lalu lintas, dan lainnya.

2. Reklame Penerangan

Reklame penerangan adalah jenis reklame untuk memberikan informasi yang sifatnya mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat luas. Contoh reklame penerangan yaitu poster tata cara bayar pajak, poter mencuci tangan dengan benar, dan lainnya.

3. Reklame Permintaan

Reklame permintaan adalah jenis reklame yang berisi undangan atau permintaan agar masyarakat mengikuti isi undangan dari reklame tersebut. Contoh reklame permintaan yaitu reklame pelaksanaan donor darah, reklame pelaksanaan pengajian, reklame penggalangan bantuan bencana alam, dan lainnya.

Jenis Reklame berdasarkan Medianya

Jenis reklame berdasrkan medianya terbagi menjadi tiga, yaitu reklame audio, reklame visual, dan reklame audio-visual. Berikut penjelasannya :

1. Reklame Audio

Reklame audio adalah jenis reklame yang penyampaiannya melalui media suara, baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh reklame audio yaitu iklan audio yang terdapat saluran radio.

2. Reklame Visual

Reklame visual adalah jenis reklame yang penyampaiannya melalui media gambar atau visual. Contoh reklame visual yaitu baliho, spanduk, brosur,  poster, plakat, megatron, dan lainnya. Berikut beberapa jenis reklame visual :
  • Baliho adalah sebuah papan reklame yang memiliki ukuran besar serta penempatannya berada  di tempat umum dan bersifat sementara (tidak permanen).
  • Billboard yaitu reklame berupa bentuk poster yang memiliki ukuran besar dan ditempatkan tinggi pada tempat yang ramai dilalui orang banyak.
  • Spanduk yaitu jenis reklame visual atau gambar yang terbuat dari kain atau bahan lain yang memanjang dan dipasang melintang di atas jalan atau di antara dua tiang.
  • Poster yaitu reklame berupa selebaran kertas yang isinya gambar dan tulisan serta biasanya ditempel di tempat-tempat umum.
  • Plakat yaitu jenis reklame yang hampir sama dengan poster, namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan umumnya ditempel di tembok atau di pohon yang ramai dilintasi orang.
  • Neon box yaitu jenis reklame yang umumnya terbuat dari sinar lampu warna-warni yang tersusun membentuk sebuah gambar atau tulisan.
  • Brosur yaitu jenis reklame berupa yang biasanya terdiri dari selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas.
  • Embalase yaitu jenis reklame yang penempatannya di kemasan produk dan memiliki fungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi mengenai sebuah produk.
  • Banner yaitu jenis reklame dengan bentuk kotak dan umumnya dicetak dengan digital printing serta ditempatkan depan sebuah toko atau instansi.
  • Leaflet merupakan jenis reklame berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, di dalamnya berisi informasi lengkap dan rinci.
  • Megatron yaitu jenis reklame berupa billboard yang dibuat secara elektronik dengan gambar yang bergerak-gerak.
3. Reklame Audio-Visual

Reklame audio-visual adalah jenis reklame yang penyampaiannya melalui media audio dan visual yang dikombinasikan. Contoh reklame audio visual yaitu iklan di TV, iklan video di media sosial, dan lainnya. Berikut jenis reklame yang termasuk audio-visual :
  • Videotron yaitu jenis reklame berupa full colors LED display yang mampu menampilkan gambar, teks, atau video dan bermacam-macam animasi dengan semua indeks warna.
  • Iklan yaitu jenis reklame yang tujuannya mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual ataupun audio visual yang sebarkan memalui media cetak atau elektronik.

Fungsi Reklame

Dalam dunia bisnis dan sosial, reklame memiliki beberapa fungsi. Diantaranya yaitu :
  • Untuk mengajak atau membujuk konsumen dalam menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan.
  • Memberikan informasi yang jelas, singkat, dan padat kepada calon konsumen mengenai jasa atau produk yang dipromosikan.
  • Sebagai media komunikasi antara penjual dan pembeli.
  • Dalam kehidupan sosial, reklame bisa mengajak masyarakat agar mau mengikuti dan menaati aturan atau peringatan sesuai himbauan.
  • Reklame yang sifatnya sosial juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan informasi penting, peringatan, dan bahaya yang harus dimengerti

Itulah Jenis-Jenis Reklame beserta Pengertian, Gambar, dan Contohnya

Semoga referensi jenis-jenis reklame beserta klasifikasi, macam-macam, dan contohnya di atas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan sobat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat macam-macam jenis reklame yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan pemasangnya. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Reklame beserta Pengertian, Gambar, dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel