15+ Jenis Poster berdasarkan Isi & Tujuan beserta Penjelasannya

Jenis-jenis poster berdasarkan isi dan tujuannya terbagi menjadi beberapa macam. Dalam KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Pada umumnya, poster memiliki tujuan untuk menginformasikan, menghimbau, dan mengajak banyak orang untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang dituliskan dan digambarkan dalam isi poster tersebut.

Namun, biasanya terdapat maksud dan tujuan khusus tergantung dari pembuat poster tersebut. Tujuannya bisa untuk bisnis atau komersil, mencari simpati dan perhatian masyarakat luas, sebagai layanan masyarakat dan lainnya.

15+ Jenis Poster berdasarkan Isi & Tujuan beserta Penjelasannya


Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isi dan Tujuan Serta Ciri-ciri dan Syaratnya

Beragam jenis poster dengan tujuannya masing-masing. Untuk menambah wawasan, sobat harus mengetahui jenis-jenis poster supaya mampu mengerti dan mengerti berbagai tujuan dan manfaat dari poster yang pastinya memiliki tujuannya yang berbebda satu sama lain. 

Penyampaian informasi atau isi dari sebuah poster, biasanya dilakukan dengan mengkombinasikan antara tulisan, gambar, dan grafis. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat luas dan membantu memahami apa isi poster tersebut.

Jenis-Jenis Poster beserta Penjelasan dan Contohnya  


Jenis-jenis poster ini dapat dibedakan berdasarkan isinya dan jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Untuk lebih jelasnya, telah kami rangkum jenis-jenis poster beserta pengertiannya dan contohnya dari berbagai sumber. Berikut penjelasannya : 

Ciri-Ciri Poster

Sebelum lanjut mengenai jenis-jenis poster, alangkah baiknya sobat mengetahui ciri-ciri poster. Nah, berikut ciri poster yang harus sobat ketahui :
  • Informasi yang akan disampaikan salam poster terdiri dari kalimat yang cukup singkat, jelas, padat, dan pastinya mudah dimengerti pembaca.
  • Desain grafis pada tampilan poster harus memuat komposisi yang terdiri atas tulisan dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  • Umumnya poster memuat unsur  warna yang mencolok, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian publik.
  • Poster akan mengandung unsur gambar yang menarik, dengan demikian akan membuat banyak orang menjadi penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang tertera didalamnya.
  • Pemasangan poster berada ditempat yang strategis agar bisa dilihat dan diketahui banyak orang. Conotohnya dipasang di tempat ramai seperti jalanan kota, pasar, alun-alun kota, dan lain sebagainya.
  • Isi atau pesan yang akan disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.

Syarat Poster

Untuk lebih memperdalam wawasan, terdapat juga beberapa syarat yang diperlukan saat akan membuat poster. Berikut uraiannya :
  • Penggunaan bahasa atau kalimat dalam menjelasakan isi poster harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  • Isi poster dijelaskan dengan kalimat yang harus singkat, padat, dan jelas.
  • Memadukan antara tulisan dan gambar yang menarik.
  • Poster dibuat semanarik mungkin, agar mampu menarik perhatian publik.
  • Tempat pemasangan poster berada di tempat yang strategis atau ramai agar mudah ditemui orang banyak.
  • Agar poster tahan lama dan tidak cepat rusak, bahan yang digunakan dalam membuat poster harus yang memiliki kualitas yang baik.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

Jenis-jenis poster yang pertama yaitu poster berdasrkan isinya. Jenis-jenis poster berdasarkan isinya ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya :

1. Poster Niaga

Jenis poster berdasarkan isinya yang pertama yaitu poster niaga. Poster niaga merupakan poster yang di dalamnya berisi mengenai kegiatan menjual dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan.

Isi poster niaga ini mengenai suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Dengan poster niaga ini, produsen bisa menggunakannya sebagai media komunikasi dengan masyarakat. Dengan kata lain, poster ini dipakai produsen untuk memperkelanlan produk atau jasanya kepada masyarakat umum dengan tujuan utamanya yaitu dapat meningkatkan penjualan.

2. Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat merupakan sebuah poster yang berisikan informasi mengenai pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Contoh poster layanan masyarakat yaitu poster layanan kesehatan atau kesejahteraan sosial.

3. Poster Kegiatan

Poster kegiatan merupakan jenis poster  yang isinya mengenai informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Dengan poster ini, sebuah kegiatan atau acara dapat diketahui oleh banyak orang , sehingga harapannya orang-orang tersebut akan menghadiri kegiatan sesuai ketentuan poster tersebut.

4. Poster Karya Seni

Poster karya seni adalah jenis poster yang bersifat ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan yang lainnya. Artinya, setiap orang memiliki pandangan tersendiri mengenai poster seni tersebut.

5. Poster Pendidikan

Poster pendidikan merupakan jenis poster yang isinya mengenai informasi yang sifatya mengedukasi dan mampu memberikan pengarahan kepada masyarakat.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Untuk selanjutnya yaitu jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya. Nah, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya :

1. Poster Propaganda

Poster propaganda merupakan jenis poster yang tujuannya untuk memberikan semangat dan motivasi terghadap masyarakat umum. Seperti misalnya, poster supaya  tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan sebagainya. Jenis poster ini merupakan poster yang dapat mempengaruhi orang lain, sehingga doharapkan mampu merubah pola pikir dan perilakunya.

2. Poster Kampanye

Seperti namanya, poster kampanye ini umumnya akan sering muncul ketika masa-masa pemilu atau pilkada yang isinya pasti informasi calon yang ikut serta dalam pemilu. Poster ini bertujuan untuk memperoleh simpati masyarakat sebanyak mungkin supaya masyarakat memilih orang tersebut ketika pemilu tiba.

3. Poster Afirmasi

Poster afirmasi yaitu jenis poster yang tujuannya untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan menggunakan kalimat yang sifatnya persuasif atau mengajak.

4. Poster Riset

Poster riset merupakan jenis poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan riset atau penelitian kepada masyarakat luas. Pada umumya, poster jenis ini sering kita ditemui di sekolah atau instansi pendidikan.

5. Poster Kelas

Poster kelas mungkin kerap kita jumpai ketika masih duduk di bangku sekolah, tepatnya di setiap ruangan kelas. Secara umum, poster kelas ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

1. Poster Komersial

Poster komersial adalah jenis poster yang tujuannya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Jenis poster ini juga sering disebut dengan poster niaga.

2. Poster Wanted atau Dicari

Sama seperti namanya, poster dicari ini tujuannya untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan oleh sebuah pihak. Contohnya poster perusahaan dalam mencari pekerja, poster orang hilang untuk mencari orang hilang dan lain sebagainya.

3. Poster Film

Poster film yaitu jenis poster yang bertujuan untuk mengenalkan mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud agar banyak orang yang tertarik untuk menontonnya.

4. Poster Komik

Poster komik yaitu jenis poster yang tujuannya untuk mempopulerkan komik-komik kepada publik atau masyarakat umum dengan harapan banyak yang mau untuk membaca komik tersebut.

5. Poster Cheesecake

Yaitu poster yang tujuannya untuk mencari perhatian masyarakat umum, pada umumnya poster ini berisi gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan lainnya yang bisa menarik perhatian banyak orang.

Itulah Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isi dan Tujuan Serta Ciri-ciri dan Syaratnya

Semoga uraian di atas mengenai jenis-jenis poster beserta penjelasan dan contohnya dapat bermanfaat dalam menambah wawasan sobat mengenai macam-macam poster. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.


Belum ada Komentar untuk "15+ Jenis Poster berdasarkan Isi & Tujuan beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel