Macam-Macam Garis Seni Rupa dan Gambar Teknik (Lengkap)

Macam-macam garis banyak sekali kita temui, misalnya garis lengkung, garis lurus, dan masih banyak jenis garis lainnya. Garis menjadi salah satu komponen penting dalam berbagai bidang, khususnya pada kesenian dan teknik. Terdapat beberapa macam garis yang mempunyai ciri-ciri dan makna masing-masing.

Pengertian garis adalah sekumpulan titik yang letaknya sejajar dan sama besar. Apabila titik-titik tersebut dideretkan atau diurutkan, maka akan terbentuk dimensi memanjang yang menonjol dan memiliki arah. Dimensi ini akan menghasilkan bentuk yang bermacam-macam berupa lurus, melengkung, pendek, panjang, halus, tebal, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Garis Seni Rupa dan Gambar Teknik (Lengkap) 


Macam-macam garis terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya jika didasarkan arahnya bisa dibedakan menjadi garis horizontal, garis vertikal dan garis diagonal. Dalam seni rupa, garis jadi salah satu komponen dan unsur seni rupa yang penting dalam membuat hasil karya visual yang bisa dipandang.

Selain terdapat dalam bidang kesenian, garis juga digunakan dalam gambar teknik. Garis dalam gambar teknik memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu prosedur atau sistem tertentu. Untuk garis yang digunkan dapat berupa garis tebal, garis tipis, garis putus-putus, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Garis Seni Rupa


Macam-Macam Garis Seni Rupa dan Gambar Teknik (Lengkap)
Gambar Via : cilacapklik

Pada dasarnya, garis pada seni rupa terdiri dari dua macam, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Namun, kedua garis terebut masih bisa diuraikan lagi menjadi beberapa macam garis. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

Di bawah ini terdapat macam-macam garis dalam bidang seni rupa beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya :

1. Garis lurus


Garis lurus adalah sebuah garis yang mempunyai arah dari ujung yang satu ke ujung yang lainnya atau dari pangkal ke ujung. Macam-macam garis lurus yaitu :
  • Garis Vertikal
Garis vertikal adalah jenis garis lurus yang pangkal ke ujungnya tegak dan berdiri. Garis vertikal ini mempunyai kesan stabilitas, kemegahan ataupun kekuatan dari sebuah objek.
  • Garis Horizontal
Garis horizontal merupakan jenis garis lurus yang posisi pangkal ke ujungnya mendatar. Jenis garis horizontal ini digambarkan memberikan makna atau sugesti ketenangan atau hal-hal yang tak bergerak.
  • Garis Diagonal
Garis diagonal yaitu sejenis garis lurus yang posisinya miring, baik ke arah kanan maupun ke arah kiri. Garis diagonal ini memiliki kesan sesuatu yang tidak stabil serta sesuatu yang dinamis atau bergerak.

2. Garis Lengkung


Garis lengkung adalah jenis garis yang mempunyai arah membelok dengan bentuk pola yang melengkung. Garis lengkung ini terbagi menjadi tiga macam bentuk garis, yaitu garis lengkung busur, garis lengkung mengapung, dan garis lengkung kubah.

3. Garis Majemuk


Garis majemuk yaitu suatu garis yang mempunyai beberapa arah yang teratur atau bersifat majemuk. Garis majemuk ini terbagi menjadi dua macam, diantaranya yaitu :
  • Garis Zig-Zag (bentuk gergaji)
Garis zig-zag adalah jenis garis majemuk yang polanya berkelok-kelok pada arah yang berlawanan. Pada awalnya, garis zig-zag ini merupakan garis lurus yang memiliki arah berbeda dan kemudian bersambung.
  • Garis Berombak
Garis berombak adalah jenis garis majemuk berupa garis lengkung yang berkesinambungan. Jenis garis brombak juga disebut dengan garis lengkung S yang menggambarkan pergerakan dan irama.

4. Garis Gabungan


Garis gabungan yakni jenis garis yang lebih komplek, berupa hasil percampuran atau perpaduan dari beberapa unsur garis. Garis gabungan ini merupakan perpaduan antara garis lengkung, garis lurus, dan garis majemuk.


Macam-Macam Garis Gambar Teknik


Macam-Macam Garis Seni Rupa dan Gambar Teknik (Lengkap)
Gambar Via : cilacapklik
Selain terdapat dalam bidang kesenian, garis juga digunakan dalam gambar teknik. Garis dalam gambar teknik memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu prosedur atau sistem tertentu. Untuk garis yang digunkan dapat berupa garis tebal, garis tipis, garis putus-putus, dan lain sebagainya.

Berdasarkan ketebalannya, macam-macam garis gambar teknik terbagi menjadi dua, yaitu garis tebal dan garis tipis. Untuk perbandingan garis tebal dan garis tipis yaitu 1 : 2. Ukuran tebal tipisnya ini sesuai dengan besar kecilnya suatu gambar teknik. Namun, ketebalan garis yang sering digunakan yaitu 0,18, 0.25, 0.35, 0.5, 0.7, 1.14, dan 2 mm. Sedangkan untuk garis paralel seperti garis celah atau ruang antar garis dan garis arsiran memiliki jarak yang tidak kurang dari 0,7.

Di bawah ini adalah macam-macam garis pada bidang gambar teknik beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya. Cermati ulasan di bawah ini !

1. Garis Kontinu Tipis

Garis kontinu tipis adalah jenis garis yang dipakai untuk garis bantu, garis petunjuk, garis ukur, garis khayal, garis sumbu pendek, dan garis-garis arsir.

2. Garis Kontinu Tebal

Garis kontinu tebal yaitu sejenis garis yang digunakan sebagai garis-garis nyata, garis-garis suatu objek, dan juga garis-garis tepi.


3. Garis Putus-Putus

Garis putus-putus adalah jenis garis yang memiliki fungsi sebagai garis objek maupun garis tepi yang terhalang.

4. Garis Setrip Titik Tebal

Garis setrip titik tebal yaitu sejenis garis yang dipakai untuk garis penunjuk permukaan dalam objek yang memerlukan penanganan khusus.

5. Garis Setrip Titik Tipis

Garis setrip titik tipis adalah jenis garis yang dipakai untuk garis lintasan, garis sumbu, dan garis simetri. Apabila garis ini dipertebal pada bagian ujung dan belokannya, maka fungsinya sberganti menjadi garis bidang potong.

6. Garis Setrip Titik dengan Titik Ganda

Garis setrip titik dengan titik ganda mempunyau beberapa kegunaan, diantaranya yaitu untuk penunjuk bagian yang berdampingan, untuk batas-batas kedudukan objek yang dinamis atau bergerak, dan untuk garis pada batang profil.

7. Garis Kontinu Bebas

Garis kontinu bebas atau tipis adalah garis yang dipakai untuk pembatas pada bagian objek yang dipotong.


8. Garis Kontinu Zig Zag

Garis kontinu zig zag mempunyai fungsi yang sama dengan garis kontinu bebas atau tipis, yaitu garis yang digunakan sebagai pembatas dari bagian suatu objek yang dipotong.

Makna dari Jenis-Jenis Garis

Setelah sobat memahami apa saja macam-macam garis, sekarang dapat disimpulkan bahwa garis mempunyai makna dan peranan penting serta sangat dominan dalam suatu objek atau gambar. Dalam seni, setiap garis memiliki makna dan kegunaan yang berbeda. Berikut makna garis yang perlu untuk dipahami.
  • Garis horizontal, mempunyai karakter yang damai, tenang, kemantapan, dan suatu hal yang tidak bisa bergerak.
  • Garis vertikal, mempunyai makna atau kesan yang stabil, mampu berdiri kuat dan tegak, dan menggambarkan sebuah kemegahan.
  • Garis diagonal, mempunyai makna sesuatu yang dinamis atau bergerak, keadaan yang tidak stabil.
  • Garis berombak (lengkung S), mempunyai jarakter dengan keanggunan (grace).
  • Garis zig-zag, garis ini memiliki makna semangat, berghairah, gerak cepat, dan dinamis.
  • Garis spiral, mempunyai makna suatu kekuatan spiral atau seatu kelahiran.
  • Garis water fall (air terjun), garis ini bermakna penurunan yang berirama dan menggambarkan gaya berat.
  • Garis phyramide, bermakna stabil, kekuatan massif, dan kemegahan.
  • Garis conflicting diagonal, mempunyai makna kebencian, kebingungan, dan peperangan.
  • Garis concentric arcs, garis ini memiliki makna gerakan mengembang, kegembiraan, dan perluasan.
  • Garis rhythmic horizontal, memiliki makna untuk menyatakan ketenangan yang menyenangkan.
  • Garis upward swirls, mempunyai makna jiwa yang tumbuh dan semangat yang membara.
  • Garis diminishing perspective, memiliki adanya kerinduann, batas kejauhan, dan adanya jarak pemisah.
  • Garis upward spray, garis ini mempunyai makna idealisme dan pertumbuhan.
  • Garis inverted perspective, memiliki makna kebebasan yang mutlak, keleluasan tak terbatas, dan perluasan yang tak terbendung.
  • Garis rounded archs, yaitu garis berupa lengkungan bulat yang memiliki kesan kekokohan.
  • Garis rhythmic curves, mempunyai makna yang periang dan lemah gemulaiaris gothic archs, yaitu garis yang memiliki makna di bidang religius, kepercayaan, pemusatan, dan letusan.

Itulah jenis-jenis garis beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya

Semoga ulasan di atas mengenai macam-macam garis beserta ciri-ciri, gambar, dan penjelasannya bisa bermanfaat bagi sobat untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Garis Seni Rupa dan Gambar Teknik (Lengkap) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel