Jenis-Jenis Komunikasi beserta Contohnya dan Penjelasannya

Jenis-jenis komunikasi terbagi menjadi beberapa macam, misalnya macam-macam komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya, berdasarkan kelangsungannya, dan masih banyak lainnya. Kita pasti sering menggunakan berbagai jenis komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya komunikasi verbal ataupun non verbal.

Jenis-jenis komunikasi ini digunakan manusia untuk menyampaikan pesan atau memberikan intruksi terhadap orang lain. Selain itu, komunikasi juga berfungsi untuk bertukar pikiran, menyampaikan pendapat, memberi nasehat atau segusti, menjalin tali silaturahmi, dan lain sebagainya.

Berkomunikasi sering kita laukan dengan kata atau tulisan, melalui isiyarat tubuh, dan masih banyak lainnya. Apa saja jenis-jenis komunikasi? Cermati ulasan di bawah ini !

Jenis-Jenis Komunikasi beserta Penjelasan dan Contohnya 


Jenis-Jenis Komunikasi beserta Contohnya dan Penjelasannya
Gambar Via : rencanamu
Pengertian komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi yang terjadi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Dalam berkomunikasi terdapat beberapa unsur di dalamnya, diantaranya yaitu :

Unsur Komunikasi 

  • Komunikator yaitu orang yang menyampaikan atau mengirim pesan informasi
  • Komunikaan yaitu orang yang menerima pesan atau informasi
  • Media atau sarana
  • Pesan yang disampaikan
  • Umpan balik dari penerima
  • Reaksi dan dampak dari adanya komunikasi tersebut.

Jenis-Jenis Komunikasi dan Contohnya 

Di Bawah ini akan diuraikan penjelasan mengenai apa saja macam-macam komunikasi beserta oenjelasan dan contohnya. Jenis komunikasi ini diklasifikasikan berdasarkan cara penyampaian, kelangsungan komunikasi, jenis pesan dalam komunikasi, arah komunikasi, pelaku komunikasi, sifat komunikasi, ruang lingkup komunikasi, dan jalannya informasi. Berikut penjelasannya :

1. Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Macam-macam komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya terbagi menjadi dua yaitu komunikasi secara verbal dan komunikasi secara non-verbal. 
  • Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang pesannya atau informasinya disampaikan dengan menggunakan kata-kata lisan atau tulisan. Komunikasi verbal ini menjadi komunikasi yang umum dilakukan dan informasi atau pesan yang disampaikan bersifat lebih jelas.

Contoh dari komunikasi verbal yaitu ketika seseorang berpidato, dialog tatap muka, presentasi, dan diskusi. Nada pembicaraan dan kata-kata yang digunakan komunikator memainkan peranan yang penting karena akan mempengaruhi pemahaman komunikan.
  • Komunikasi Non-Verbal
Komunikasi non-verbal adalah jenis komunikasi yang informasi atau pesannya disampaikan bukan melalui kata-kata, melainkan melalui cara non-verbal seperti bahasa isyarat, ekspresi wajah, gestur tubuh, kontak mata, hentakan kaki, dan lainnya.

Contohnya jika kita sedang merasa sakit kepala namun tidak berani mengatakan kepada atasan, kemudian meletakkan tangan di kening yang menandakan ketidaknyamanan pada kepala. Ini menjadi salah satu contoh sederhana dari komunikasi non-verbal.

2. Jenis Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Jenis komunikasi berdasarkan kelangsungannya terbagi menjadi 2 macam komunikasi yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
  • Komunikasi Langsung
Komunikasi langsung adalah jenis komunikasi yang disampaikan secara langsung, dimana komunikator (pengirim pesan) bertemu dan bertatap muka langsung dengan komunikan (pihak penerima pesan). Dengan kata lain, komunikasi ini tidak menggunakan media dan perantara sama sekali.
  • Komunikasi Tidak Langsung
Komunikasi tidak langsung adalah jenis komunikasi yang disampaikan secara tidak langsung tanpa bertatap muka dan menggunakan media atau perantara lain di dalamnya. Misalnya menggunakan media telepon, sosial media, email, ataupun melalui pihak ketiga.

3. Jenis Komunikasi Menurut Jenis Pesannya

Jenis komunikasi berdasarkan jenis pesannya terbagi menjadi dua macam yaitu komunikasi lisan dan tulisan.
  • Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan adalah jenis komunikasi yang disampaikan melalui ucapan kata-kata dari komunikator kepada komunikan secara langsung. Contohnya ketika ngobrol dengan teman.
  • Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan adalah jenis komunikasi yang disampaikan melalui tulisan, tanda, dan simbol secara tidak langsung. Pesan atau informs yang ingin disampaikan dengan cara ditulis atau dicetak. Komunikasi tertulis sangat penting digunakan dalam menyampaikan informasi yang rumit, seperti grafik, statistic, dan data penting lainnya yang sukar disampaikan dengan pidato atau berdialog.

Komunikasi tertulis juga disebut dengan komunikasi visual. Komunikasi ini memungkinkan pesannya untuk dicatat sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan. Contohnya sederhana komunikasi tertulis dalam kehidupan sehari-hari yaitu aktivitas surat-menyurat, SMS, email, memo, dan lainnya.

4. Jenis Komunikasi Menurut Arahnya

Jenis komunikasi berdasarkan arahnya terbagi menjadi dua macam yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah.
  • Komunikasi satu arah
Komunikasi satu arah adalah jenis komunikasi yang berfokus pada isi informasi atau pesan dari komunikator (pihak pengirim), tanpa mengharapkan reaksi atau umpan balik dari komunikan (penerima pesan). Contohnya seperti atasan yang memerintahkan atau memberi intruksi pada bawahannya.
  • Komunikasi Dua Arah
Komunikasi dua arah dalah jenis komunikasi yang mengharapkan adanya respon atau umpan balik dari komunikan (penerima pesan). Contohnya ketika kita sedang mengobrol dengan teman, baik kita ataupun teman kita harus memberi respon agar obrolan menjadi tersambung dan lebih asyik pastinya.

5. Jenis Komunikasi Menurut Pelakunya

Komunikasi berdasarkan pelakunya terbagi menjadi dua macam komunikasi yaitu komunikasi perseorangan dan komunikasi kelompok.
  • Komunikasi Perseorangan
Komunikasi perseorangan adalah jenis komunikasi yang terjadi antar individu dengan individu lain. Komunikasi perseorangan ini umumnya membicarakan topik yang bersifat privat atau pribadi, misalnya aktivitas yang dilakukan, kabar sehari-hari, dan lainnya.
  • Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok adalah jenis komunikasi yang terjadi antar kelompok dengan kelompok lainnya. Komunikasi kelompok ini umumnya membicarakan topik yang yang bersifat publik atau terkait kepentingan orang banyak yang ada dalam kelompok atau organisasi terkait.

6. Jenis Komunikasi Menurut Sifatnya

Jenis komunikasi berdasrkan sifatnya terbagi menjadi dua macam komunikasi yaitu komunikasi formal dan komunikasi informal.
  • Komunikasi Formal
Komunikasi formal adalah jenis komunikasi yang terjadi antara suatu instansi dengan instansi yang lain dengan format, struktur dan tata cara yang telah ditentukan.
  • Komunikasi Informal
Komunikasi informal adalah jenis komunikasi yang terjadi antar individu pada sebuah instansi atau organisasi yang tidak terikat oleh struktur dan format tertentu.

7. Jenis Komunikasi Menurut Ruang Lingkupnya

Jenis komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya terbagi menjadi 2 macam komunikasi yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal.
  • Komunikasi Internal
Komunikasi internal adalah bentuk komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup kelompok atau organisasi tertentu, yang hanya melibatkan anggota dari kelompok tersebut saja.
  • Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal adalah bentuk komunikasi yang terjadi antara pihak kelompok atau organisasi tertentu kepada pihak yang berada di luar organisasi atau kelompok tersebut (bukan anggota kelompok tersebut).


8. Jenis Komunikasi Menurut Jalan Informasi

Jenis komunikasi berdasarkan jalan informasinya terbagi menjadi tiga macam komunikasi yaitu komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, dan komunikasi ke samping.
  • Komunikasi ke Atas
Komunikasi ke atas adalah jenis komunikasi yang berlangsung antara bawahan kepada atasannya di dalam sebuah kelompok atau organisasi tertentu. Contohnya ketika seorang karyawan yang memberikan laporan keuangan pada managernya.
  • Komunikasi ke Bawah
Komunikasi ke bawah adalah jenis komunikasi yang berlangsung antara atasan kepada bawahannya dalam sebuah kelompok atau organisasi tertentu. Contohnya ketika seorang direktur memberi perintah atau instruksi kepada para karyawan di perusahaannya.
  • Komunikasi ke Samping
Komunikasi ke samping adalah jenis komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih yang memiliki kedudukan yang sejajar dalam sebuah kelompok atau organisasi tertentu. Contohnya komunikasi antara dua orang karyawan yang membicarakan mengenai pekerjaan mereka.

Itulah jenis-jenis komunikasi beserta penjelasannya

Dapat disimpulkan bahwa terdapat jenis komunikasi yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa fakktor, namun pembagian jenis komunikasi yang utama yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

Semoga ulasan di atas mengenai macam-macam komunikasi beserta penjelasan dan contohnya dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan kita. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Komunikasi beserta Contohnya dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel