Cara Melakukan Servis Tenis Meja + Penjelasan dan Gambarnya

Cara melakukan servis tenis meja menjadi salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain. Cara melakukan servis dalam tenis meja merupakan suatu cara yang dilakukan dengan memukul bola menggunakan teknik tertentu sebagai pertanda dimulainya permainan tenis meja. 

Dengan menguasan macam-macam servis tenis meja dengan baik, pemain dapat dengan mudah mematikan permainan lawan karena tidak bisa mengembalikan servisnya. Dengan demikian, pundi-pundi poin dapat dikumpulkan dengan mudah.

Macam-macam cara melakukan servis tenis meja memang ada beberapa jenis. Bagi seorang pemula yang belum menguasai cara melakukan servis tenis meja ini, pasti akan kegok atau merasa kesulitan. Misalnya saja saat memukul bola, tanpa teknik dan akurasi yang tepat, bola tidak melawati net atau bahkan melambung melewati lapangan permainan.

Cara Melakukan Servis Tenis Meja beserta Penjelasan & Gambarnya 


Cara Melakukan Servis Tenis Meja + Penjelasan dan Gambarnya


Servis adalah teknik pukulan bola pertama untuk memulai permainan. Dalam permainan tenis meja, cara melakukan servis umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu forehand dan backhand. Namun, dalam modifikasi dan pengembangannya, teknik ini memiliki banyak cabangnya, yaitu service forehand topspin, backhand topspins, forehand backspin, backhand backspin dan sidespin. 

Kedua jenis servis dalam tenis meja yiatu forehand dan backhand sebenarnya sama bagusnya. Tinggal bagaimana kita menggunakan kedua teknik servis tersebut. Jika sudah nyaman dengan forehand, mungkin dapat secara konsisten menggunakannya, begitu pula sebaliknya pada servis backhand.

Namun, alangkah baiknya seorang pemain tenis menja harus menguasai kedua teknik servis tersebut. Sehingga akan leluasa dalam memulai sebuah pertandingan tenis meja. Seperti apa cara melakukan servis dalam tenis meja? Ikuti penjelasannya di bawah ini :

Cara Melakukan Servis Tenis Meja Tunggal dan Ganda

Sebelum pembahasan mengenai cara melakukan servis, alangkah baiknya sobat mengetahui apa saja perbedaan saat melakukan servis tenis meja. Cermati ulasan berikut :

Cara melakukan servis tenis meja tunggal :

  • Pemain memiliki hak untuk melakukan servis dua kali berturut-turut, meskipun poin untuk lawan.
  • Servis akan berganti kepada lawan saat mencapai poin kelipatan dua.
  • Arah atau sasaran di lapangan lawan tidak diagonal (sesuai kemauan pemain yang melakukan servis).

Cara melakukan servis tenis meja ganda :

  • Servis dilakukan secara bergantian, kedua pemain juga menerima atau memukul bola secara bergantian 
  • Terjadi pertukaran posisi saat melakukan servis, pemain yang melakukan servis berada di sebelah kanan
  • Sasaran atau arah bola harus diagonal atau menyilang (pemain melakukan servis di bagian kanan, maka sasarannya harus sebelah kanan pemain lawan).
  • Pada game kedua, pemain boleh melakukan servis tanpa urut. Namun pemain penerima servis dari tim lawan harus sesuai dengan game pertama

Macam-Macam Servis dalam Tenis Meja beserta Cara Melakukannya

a. Servis Forehand Topspin

Berikut cara melakukan teknik forehand topspin :
  • Pertama, persiapan posisi meja di sebelah kanan dengan menghadap sektor sebelah kiri meja lawan.
  • Pegang bet menggunakan tangan kanan sambil menekuk siku 90° 
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri.
  • Lambungkan bola sesuai yang diinginkan, kemudian pukul dengan bet.
  • Usahakan pantulan bola yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dari net (tipis di atas net).

b. Servis Backhand Topspin

Berikut cara melakukan teknik backhand topspin :
  • Pertama, lakukan persiapan dengan berdiri di posisi tengah meja.
  • Pegang bet menggunakan tangan kanan sambil mendekatkan tangan ke area pinggang sebelah kiri.
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri.
  • Lambungkan bola sesuai yang diinginkan, kemudian pukul dengan bet.
  • Usahakan pantulan bola yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dengan net (tipis di atas net).

c. Servis Forehand Backspin

Teknik forehand backspin bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan teknik forehand chop. Cara melakukan servis forehand backspin ini, yaitu :
  • Posisikan bet agak sedikit terbuka. 
  • Kemudian lakukan gerakan bet mengarah ke depan dan sedikit condong ke bawah. 
  • Pukul bola pada bagian bawah bola dan usahakan bola agar mengenai bagian bet depan agak sedikit ke bawah.

d. Servis Backhand Backspin

Cara melakukan teknik ini hampir sama dengan teknik forehand backspin. Perbedaannya yaitu hanya saat melakukan pukulan, sobat hanya perlu menggesek bola menggunakan bagian bawah bet.
Pastikan pula bahwa pantulan bola yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dari net sehingga pantulan bola di bidang lawan tidak terlalu tinggi juga. Jika bola memantul cukup tinggi, pasti lawan akan melakukan pukulan smash yang keras dan sulit ditahan.

e. Servis Sidespin

Teknik sidespin ini adalah gerakan menyapu bola menyamping. Dimana pemain juga bisa mengkombinasikannya dengan topspin ataupun backspin. Teknik sidespin akan menghasilkan pantulan bola yang lebih cepat dan cenderung melengkung ke arah kanan ataupun ke arah kiri, jika dikombinasikan dengan teknik topspin.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Servis Tenis Meja

Setelah mengetahui cara melakukan servis tenis meja di atas, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan servis. Hal ini harus diperhatikan dengan baik supaya saat melakukan servis bisa maksimal. Apa saja hal-halnya, berikut ulasannya :

1. Pandangan

Saat melakuakan servis, kita perlu konsentrasi dengan baik. Salah satunya yaitu pandangan pemain yang harus melihat ke arah bola yang dilambungkan agar lambungan bola bisa tepat dan akurat. Setelah mengarahkan pandangan kita ke bola, selanjutnya arahkan pandangan ke sasaran bidang permainan lawan yang dituju. Dengan cara ini, pemain bisa melakukan servis dengan maksimal.

2. Melambungkan Bola Ke Atas

Dalam melakukan servis, melambungkan bola merupakan tahap awal sebelum bola dipukul dengan bet. Melambungkan bola juga menjadi syarat dalam melakukan servis tenis meja, jika bola tidak dilambungan maka servis dianggap tidak sah atau servis gagal.

Oleh karena itu, pemain harus memperhatikan saat melambungkan bola. Bila lambungan bola tidak sempurna akan membuat servis gagal berupa tidak melewati net atau melambung keluar. Cara untuk melambungkan bola yaitu dengan meletakkan bola pada telapak tangan dengan posisi terbuka. Kemudian pastikan bahwa tangan yang memegang bola dan tangan yang memegang bet berada di belakang garis dan di bawah meja. Hal ini bertujun untuk menyembunyikan jenis servis apa yang sobat lakukan.

Baru setelah itu melemparkan bola dengan ketinggian 16 cm. Ini merupakan ukuran minimum yang harus dilakukan saat servis, jika bola dilambungkan dengan ketinggian di bawah ukuran tersebut, maka akan dikenai pelanggaran. Selain itu, bola juuga harus dilemparkan vertika bukan ke samping. Sobat juga tidak boleh menjatuhkan bola dari ketinggian 16 cm, karena ini bukan termasuk lambungan bola.

3. Ayunan Tangan Saat Memukul Bola

Ayunan tangan dalam melakukan servis menjadi hal yang penting, pasalnya ayunan tangan inilah yang nantinya akan menentukan arah sasaran pada bidang permainan lawan. Untuk mendapatkan arah servis yang akurat, ayunan tangan harus tepat dan akurat.

Cara melakukannya bisa dengan mengambil sikap mengamping dan badan dicondongkan ke depan. Kemudian pegang bet tepat berada di belakang dan di bawah bola. Posisi bet disesuaikan dengan model servis yang akan dilakukan, kemudian pukul bagian bola yang diinginkan (sesuai servis yang dilakukan).

4. Saat Perkenaan ( Inpect) Bola Dengan Bet

Waktu perkenaan bola dengan pemukul yaitu ketika bola turun sedudah dilambungkan, itulah saat-saat yang tepat untuk memukul bola. Selanjutnya pada saat memukul bola, komponen ke depan lebih besar dari komponen ke atas supaya jalannya bola menuju ke depan dengan keras.

5. Gerakan Lanjut / Akhir

Setelah melakukan pukulan pada bola, teruskan lengan ke de depang samping  hingga berhenti di depan kiri atau di depan dahi. Gerakan lanjutan inilah yang akan mengangkat bola untuk melewati net dan selanjutnya memantul di bidang permainan lawan.

Itulah Cara Melakukan Servis Tenis Meja beserta Penjelasan dan Gambarnya

Semoga ulasan di atas mengenai macam-macam servis dalam tenis meja beserta cara melakukannya bisa menjadi referensi sobat dalam menguasai teknik servis tenis meja ini. Pastinya untuk menguasai teknik servis tersebut, sobat harus bersungguh-sungguh dan rajin berlatih. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Servis Tenis Meja + Penjelasan dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel