Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)

Gambar lapangan lempar lembing beserta ukurannya menjadi salah satu prasyarat sebelum dilakukannya olahraga ini. Ukuran lapangan lempar lembing ini telah ditentukan oleh induk organisasi internasional olahraga ini. Gambar lapangan lempar lembing dan ukurannya juga telah ditentukan secara baku, sehingga di setiap kompetisinya menggunakan ukuran yang sama.

Lempar lembing merupakan salah satu nomor lempar dalam olahraga atletik. Tujuan olahraga lempar  lembing yaitu melempar lembing sampai dengan jarak maksimum. Dalam melempar seorang atlet harus menguasai beberapa hal, seperti start atau awalan melemper, kecepatan, dan kekuatan lemparan untuk menghasilkan jarak yang maksimum.

Gambar Lapangan Lempar Lembing beserta Ukuran dan Keterangannya

Gambar lapangan lempar lembing, ukuran lapangan lempar lembing, dan aturan lainnya telah ditetapkan oleh IAAF (International Association of Athletics Federation). Sedangkan induk organisasi nasional yaitu PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Regulasi atau peraturannya telah dibuat sedemikian rupa sehingga semua pertandingan menggunakan aturan yang sama. 

Selain ukuran lapangannya, media yang digunakan berupa lembing juga mempuyai ukuran tertentu. Seperti apa ukuran lapangan dan ukuran lembingnya? Cermati ulasan di bawah ini !

Ukuran Lapangan Lempar Lembing beserta Keteranganya

Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)
Gambar Via : gurupenjaskes
  • Panjang lintasan untuk awalan : 30-36,5 meter.
  • Lebar lintasan untuk awalan : 4 meter
  • Garis pembatas lintasan awalan : 5 cm
  • Bahan untuk lengkungan lemparan terbuat dari kayu atau logam berwarna putih dan memiliki lebar 7 cm. Lengkungan lemparan berupa busur lingkaran yang memiliki diameter 8 meter dan memiliki garis 1,5 meter yang terletak melilit titik pusat gravitasi lembing. Posisi lengkurang tersebut harus rata dengan tanah. 
  • BC merupakan busur, dengan demikian jari-jari AB = AC yaitu 8 meter
  • Lebar garis lurus pada sisi kanan dan kiri yaitu 1,5 meter
  • Lebar garis lemparan : 7 meter

Ukuran Tongkat Lembing

Selain ukuran lapangan lempar lembing, terdapat juga peraturan mengenai ukuran dan detail media yang digunakan yaitu tongkat atau lembing.  Dalam peraturannya, spesifikasi tongkat mencakup tiga bagian utama, yaitu sabuk pegangan, tubuh lembing, dan mata lembing. Berikut ukuran tongkat lembingnya : 
  • Ukuran lembing untuk pria memiliki panjang 2,6 - 2,7 meter dan beratnya 800 gram (28 ons).
  • Ukuran lembing wanita memiliki panjang 2,2 - 2,3 meter dan beratnya 600 gram (21 ons).
  • Lebar pegangan pada lembing yaitu 150 mm, terletak di pusat gravitasi antara 0,9-1,06 m (2 ft 11 sampai 3 ft 6 inci) jarak dari ujung lembing untuk lembing pria, dan 0,8-0, 92 m (2 kaki 7 hingga 3 kaki 0 ​​inci) jarak dari ujung lembing untuk lembing wanita.
Setelah mengetahui gambar lapangan lempar lembing beserta ukurannya. Sobat perlu mempelajari teknik dasar lempar lembing agar bisa menghasilkan jarak lemparan yang maksimum dalam perlombaan. Teknik dasar inni meliputi teknik memegang lembing, teknik membawa lembing, dan teknik melempar lembing. Seperti apa tekniknya, cermati ulasan berikut ini :


Teknik memegang lembing

1. Cara Memegang Lembing Gaya (American Style)

Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)
Gambar Via : rumus
Bagaimana cara memegang lembing cara Amerika?.

Teknik memegang lembing yang pertama yaitu American style. Cara memegang lembing ini yaitu dengan menempatkan ibu jari dan jari telunjuk untuk saling bertemu di lilitan lembing atau di bagian belakang balutan lembing. Cara memegang lembing yang satu ini sangat cocok untuk sobat yang baru menekuni olahraga lempar lembing ini.

Untuk sobat yang masih awam tentang olahraga lempar lembing, pegangan American style sangat mudah dipelajari dan dipraktekan sehingga tidak akan begitu menemukan banyak kesulitan. Hal ini dikarenakan teknik ini merupakan teknik dasar. 

Tak hanya bagi seorang pemula, banyak atlet yang kerap juga menggunakan cara memegang lembing American style ini. Alasan utama mengapa cara memegang gaya Amerika sangat umum yaitu karena selain mudah dipahami dan dipraktekan, daya dorong yang dihasilkan pun lebih tinggi. Sebab dorongan ini dilakukan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. 
Sehingga pada akhirnya teknik ini masih populer sampai sekarang dan masih sering digunakan karena sangat nyaman dan menghasilkan daya dorong maksimal.

2. Cara Memegang Lembing Gaya Finlandia (Finlandia Style)

Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)
Gambar Via : rumus
Bagaimana cara memegang lembing cara Finlandia?

Cara memegang lembing gaya Finlandia yaitu dengan mempertemukan ibu jari dan jari tengah bertemu tepat di bagian lilitan lembing. Sehingga inilah yang membedakan antara cara memegang lembing gaya Amerika dan gaya Finlandia. Jika gaya Amerika menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan gaya Finlandia menggunakan ibu jari dan jari tengah.
Untuk bagian lilitan lembing ini artinya terletak di belakang balutan. Untuk kenyamanan dan memudahkan posisi jari telunjuk, sobat bisa memposisikannya untuk agak lurus dengan lembingnya. Sama dengan teknik lainnya, teknik finlandia juga akan menghasilkan lemparan maksimak bila dikuasai dengan sempurna. 

3. Cara Memegang Lembing Gaya Tang (Jepit)

Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)
Gambar Via : rumus
Bagaimana cara memegang lembing dengan pegangan tang?

Cara memegang lembing gaya tang atau jepit yaitu dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menjepit lembing tepat di belakang bagian pegangan. Cara memegang lembing gaya jepit memang tak sepopuler dengan gaya yang lain seperti American style. 

Namun, ada sisi tersembunyi yang menjadi kelebihan dari gaya ini, yaitu mencegah terjadinya luka di siku pelempar yang biasanya diakibatkan oleh pelencengan. Hanya saja saat melempar, terkadang lilitan tipisnyalah yang menyebabkan masalah sehingga sobat harus mempertimbangkan hal ini sebelum menggunakannya.

Teknik membawa lembing

Terdapat tiga macam cara atau tknik yang digunak atlet lempar lembing saat melakukan awalan. Diantaranya yaitu :
  • Membawa lembing dengan menempatkannya di atas bahu dengan mata lembing atau ujungnya menghadap serong ke atas.
  • Membawa lembing dengan meletakannya di belakang badan sepanjang alur lengan dengan ujung lembing atau mata lembingnya menghadap ke depan serong atas.
  • Membawa lembing dengan meletakannya di atas bahu dan mata lembingnya yang mengarah ke serong aarah bawah.

Teknik melempar lembing

Dalam melempat lembing, tekninya pun terbagi lagi menjadi tiga, yaitu awalan, saat melempar, dan posisi akhiran. Berikut penjelasan teknik melempar lembing :
  • Awalan 
Tahap awalan dilakukan dengan berlari dan membawa lembing di atas kepala. Tangan yang membawa lembing diposisikan dengan siku ditekuk dan diarahkan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing mendatar atau sejajar dengan permukaan tanah.

Pada bagian akhir, pelempar dapat melakukan langkah silang (cross step), langkah jingkat (hot step), dan langkah silang ke belakang (rear cross step).Tahapan peralihan cross step dilakukan saat kaki diturunkan dengan memutar pelan kedua bahu ke arah tangan utama dan lengan tangan utama mulai bergerak diluruskan ke arah belakang. Tubuh bagian atas dicondongkan ke belakang dan pandangan lurus ke depan.
  • Lemparan
Teknik pada tahap melempar dilakukan dengan cara menarik bahu dan lengan kanan ketika melakukan lemparan lewat inti bahu dengan kuat ke depan atas. Gerakan badan melewati kaki depan dan lempar lembingnya.

Selesaikan awalan dengan berlari overhead (Lembing diatas kepala) dengan lembing, tekuk siku dan arahkan telapak tangan ke keatas. Lembing diposisikan sejajar dengan tanah. Bagian terakhir dari 
  • Akhiran
Tahap akhiran dalam lempar lembing yaitu dengan melakukan lemparan lembing dengan dengan langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan gerak dan supaya tidak melewati garis bats lemparan.

Bentuk Latihan Lempar Lembing

  • Melempar berdiri dengan menghadap ke depan
Bentuk latihan ini dilakukan dengan pelempar yang berdiri menghadap ke depan, posisi kaki dibuka selebar bahu. Kemudian lembing ditarik dan dipegang di atas kepala dan posisinya menunjuk ke tanah dengan sudut runcing. Selanjutnya tinggal lempar lembing untu menancap di tanah sekitar 3-4 meter di depannya.
  • Melempar berdiri dengan menghadap ke samping
Bentuk latihan ini dilakukan dengan posisi kaki dibuka selebar 60-90 cm mengarah ke depan, berat badan diletakkan di bagian belakang dengan bertumpu kaki kanan. Selanjutnya posisi kepala menghadap ke depan sedankan pinggang dan bahu menghadap ke semping. Kemudian lembing ditarik dengan posisis mata lembing yang dekat dengan mata kanan pelempar. Letakanlah telapak tangan kanan dengen menghadap ke atas dan berada di bagian atas garis bahu. 

Nah, setelah itu mulai gerakan dengan mengangkat sedikit kaki dari tanah dan berat badan diletakkan di kaki kanan yang sedikit dibengkokkan. Kemudian dorong kuat kaki kanan dengan berumpu pada telapak kaki dan letakkan kaki kiri di tanah dengan tumit terlebih dahulu. Selanjutnya putar pinggang ke depan membentuk punggung melengkung dengan bahu, lalu lengann, tangan, dan bahu dapat mengikuti. Pertahankan siku supaya selalu dekat dengan lembing saat melakukan tahap ini.

Itulah Gambar Lapangan Lembing beserta Ukuran dan Keterangannya

Semoga uraian di atas mengenai gambar lapangan lempar lembing dan ukurannya beserta teknik dasar lempar lembing dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mempelajari materi ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Gambar Lapangan Lempar Lembing (Ukuran dan Keterangannya)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel