Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya

Gambar lapangan futsal beserta ukurannya menjadi salah satu prasyarat sebelum dilakukannya olahraga ini. Ukuran lapangan futsal ini telah ditentukan oleh induk organisasi internasional olahraga ini. Gambar lapangan futsal dan ukurannya juga telah ditentukan secara baku, sehingga di setiap kompetisinya menggunakan ukuran yang sama.

Pernahkah kalian memperhatikan lapangan futsal pada saat bermain? Jika kalian cermat, terkadang terdapat beberapa perbedaan ukuran lapangan. Faktor ini desebabkan adanya perbedaan standar lapangan futsal yang terbagi menjadi dua, yaitu standar lapangan futsal internasional dan standar lapangan futsal nasional. Seperti apa perbedaan ukuran lapangan futsal tersebut, cermati ulasannya di bawah ini!

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya

 

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya 


Futsal menjadi salah satu olahraga primadona bagi kalangan muda-mudi. Selain permainannya yang mempunyai kemiripan dengan sepak bola, futsal juga menggunakan area lapangan yang tidak terlalu luas.


Mengenai perbedaan lapangan secara internasional (menurut FIFA) dan standar nasional (menurut AMF) hanya terdapat pada ukuran panjang dan lebarnya, yaitu
  • Ukuran lapangan futsal standar internasional memiliki panjang 25-42 meter dengan lebar 15-25 meter.
  • Sedangkan ukuran lapangan futsal standar nasional memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Ukuran Lapangan Futsal dan Keterangannya 


Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya
Gambar Via : perpustakaan-id

1. Garis Lapangan Futsal

Dalam lapangan futsal terdapat garis yang terdapat di setiap sisi lapangan sebagai pembatas lapangan. Ada dua macam garis, yaitu garis yang ukurannya lebih panjang atau garis samping (touch line) dan garis yang ukurannya pendek atau garis gawang (goal line).
  • Garis lapangan memiliki lebar 8 cm.
  • Lapangan futsal terbagi dua daerah yang sama luas dengan dibatasi garis tengah yang letaknya di tengah-tengah.
  • Sebagai titik tengah ditandai dengan adanya titik di tengah lapangan serta garis melingkar yang memiliki jari-jari 3 meter dari titik tengah.

2. Daerah Pinalti


Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya
Gambar Via : perpustakaan-id
Ukuran wilayah kipper atau garis gawang memiliki jari-jari 6 meter. Daerah pinalti berada di depan gawang tepat di titik pertemuan dua seperempat lingkaran. Titik pinalti dalam futsal terbagi menjadi dua, berikut ukurannya :
  • Ukuran titik pinalti yang pertama dari titik setiap tiang gawang yaitu berjarak 6 meter.
  • Ukuran titik pinalti kedua (second penalty) memiliki jarak 10 meter dari titik tengah garis gawang. Sedangkan jika diukur dari titik penalty pertama berjarak 3,16 meter. (Ukuran ini diperoleh dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua tiang gawang yang berdiameter 8 cm). 
Mengapa futsal memiliki second penalty? Second penalty adalah hukuma yang diberikan kepada tim karena telah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali dan pelanggaran ke-6 akan tim akan dihukum second penalty. Sama seperti pinalti pada umumnya yang hanya berhadapat dengan kipper, namun pada second penalty kipper boleh maju sampai jarak 5 meter dari garis gawang.

3. Daerah Tendangan Sudut


Daerah tendangan sudut terdapat di masing-masing titik sudut lapangan. Di setiap masing-masing titik sudut dibuat garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.


4. Daerah Bebas


Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya
Gambar Via : felderfans
Daerah bebas ini harus bebas pandangan ke lapangan karena berfungsi bagi wasit ketiga untuk melihat jalannya pertandingan dan pencatat waktu. Daerah bebas berukuran 5 meter dari garis tengah lapangan. Selain itu, di daerah bebas juga terdapat 2 meja yang jaraknya 2 meter dari garis samping lapangan.

5. Daerah Pergantian Pemain


Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya
Gambar Via : felderfans
Aturan pergantian pemain dalam futsal yaitu pemain yang akan diganti harus keluar lapangan terlebih dahulu kemudian pemain pengganti masuk ke lapangan. Apabila terjadi kesalahan, wasit akan memberi hukuman pada pemain tersebut. Berikut ukuran daerah pergantian pemain :
  • Daerah pergantian pemain berjarak 5 dari garis tengah. Daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping lapangan.
  • Lebar daerah pergantian pemain yaitu 5 meter
  • Lebar garis pergantian pemain 8 cm.
  • Panjang garis pembatas yaitu 80 cm (40 cm masuk ke dalam lapangan dan 40 cm keluar lapangan).

6. Gawang Lapangan Futsal

Gawang futsal harus ditempatkan di bagian tengah dari garis gawang. Berikut aturannya :
  • Lebar gawang yaitu 3 meter (diukur dari bagian dalam tiang).
  • Gawang futsal memiliki tinggi 2 meter (diukur dari bagian dalam mistar gawang ke bawah lantai).
  • Penampang atau bentuk tiang yang digunakan boleh berbentuk kotak ataupun lingkaran. Namun bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan. Selain lebih aman jika terjadi benturan dengan pemain, penampang lingkaran juga menghasilkan pantulan bola yang lebih akurat.
  • Untuk jaring gawang harus berbahan nilon dan harus diikatkan ke tiang dan mistar gawang. 
  • Ukuran kedalaman gawang adalah 80 cm di bagian atas gawang dan 100 cm di bagian bawah.

7. Jenis Bahan yang Digunakan Pada Permukaan Lapangan Futsal

Lapangan futsal harus memiliki permukaan yang rata, halus, dan tidak licin. Pemilihan bahan pada permukaan lapangan sangat diperhatikan karena bertujuan untuk keselamatan pemain saat bertanding. Bahan yang dianjurkan yaitu kayu atau parkit. Namun terdapat jenis bahan lain, yaitu :
  • Rumput Sintetis
Lapangan jenis ini banyak disukai oleh kebanyakan pemain futsal, pasalnya jika mereka jatuh maka tidak akan terasa sakit. Rumput sintetis ini terbuat dari plastik. Memang sedikit mahal untuk penyewaan lapangan sintetis per jamnya.
  • Vinyl
Vinyl merupakan bahan yang menyerupai karet, sehingga lapangan futsal akan memiliki pemukaan yang halus dan empuk. Jenis lapangan futsal ini juga banyak diminati oleh para pemain futsal karena jika kita terjatuh akan tidak terasa sakitnya. Lapangan vinyl ini juga disebut dengan rubber.

Ketebalan lapangan jenis ini mulai dari 5-8 mm. Selain itu, kelebihan lapangan dengan lantai vinyl yaitu bola dapat melaju dengan lancar dan tidak terhambat karena memiliki permukaan yang rata, serta jika terjatuh tidak terasa sakit karena lapisan karet yang tebal.
  • Polypropylene (PP)
Lapisan lapangan ini terbuat dari bahan plastik polypropylene (PP). Kelebihan lapangan ini yaitu bisa dipindah atau bongkar pasang dan memiliki ketahanan yang cukup kuat dan awet. Tak jarang banyak pemain yang meminati jenis lapangan ini karena kesat dan jika terjatuh tidak terlalu terasa sakit.


8. Ukuran Bola Futsal

Bola futsal menjadi salah satu media yang penting untuk bermain futsal. Pada dasarnya, bola futsal sama dengan bola sepakbola, namun ukuran bola futsal lebih kecil dari ukuran bola sepakbola. Berikut ukuran lengkapnya :
  • Bahan bola biasanya dari kulit
  • Untuk ukuran bola futsal standar yaitu berukuran 4cm  
  • Keliling bola yaitu 62-64 cm 
  • Beratnya bola 0,4  0,44 kg
  • Memiliki ketinggian 55- 56 cm pada saat pantulan pertama

9. Atribut Pemain Futsal

Layaknya pemain sepak bola atau olahrag lainnya, pemain futsal juga harus memakai kostum atau seragam dalam bermain. Mulai seperti kaos seragam, celana pendek, sepatu, kaos kaki, dan pengaman kaki (dekker). Berikut penjelasan lengkapnya :
  • Kostum atau seragam pemain harus diberi nomor punggung dari 1-15 di setiap pemain. Antara warna angka dengan warna kostumnya juga harus dibedakan.
  • Bagi penjaga gawang, diperbolehkan untuk mengenakan celana panjang, dan untuk bagian luarnya harus ditutup dengan kaos kaki.
  • Kostum yang dipakai penjaga gawang harus berbeda dengan kostum pemain yang lainnya suoaya tidak nyaruh.
  • Jika terdapat pemain yang melakukan kesalahan dalam melengkapi atributnya, maka wasit memiliki hak untuk menegur dan memerintahkan untuk membenahi perlengkapannya.

10. Waktu Pertandingan Futsal

  • Pertandingan futsal dimainkan dengan 2 kali babak, dengan waktu 20 menit di setiap bapaknya.  Jika hasil pertandingan masih dalam kedudukan seri atau imbang maka akan ada perpanjangan waktu selama 2 kali 5 menit.
  • Pelatih berhak untuk meminta waktu time-out kepada petugas pencatat waktu. Time out ini dilakukan selama 1 menit pada setiap babak.
  • Time-out bisa diminta setiap saat, dengan syarat dan catatan saat tim tersebut (yang meminta time out) sedang dalam posisi menguasai bola.
  • Pencatat waktu bisa memberikan izin time-out dengan menggunakan peluit. Namun dengan syarat bola harus keluar dari lapangan permainan.
  • Saat time-out diberikan, semua pemain futsal harus berada di dalam lapangan permainan.
  • Jika sebuah tim tidak meminta time-out di babak pertama, maka pada babak kedua hanya bisa mendapat 1 kali time-out saja.
  • Waktu istirahat antar babak yaitu 10 menit.

11. Wasit Pertandingan

Wasit dalam pertandingan futsal terdiri atas dua orang dan satu penjaga waktu. Wasit memiliki tugas memimpin pertandingan agar sesuai dengan peraturan permainan, sejak ia memasuki sampai meninggalkan lapangan permainan.

Berbeda dengan sepak bola, wasit futsal tidak boleh memasuki arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan saja, terkecuali jika ada pelang- garan-pelanggaran yang memang menuntut wasit memasuki lapangan.

Itulah Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya 

Semoga ulasan di atas mengenai gambar lapangan futsal dan ukurannya bisa bermanfaat bagi sobat dalam mempelajari materi ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya dan Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel