Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Struktur (Lengkap)

Teks eksplanasi merupakan salah satu teks karangan dengan isinya yang menjelaskan mengenai sebuah topik yang berhubungan dengan fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan gambaran dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham mengenai fenomena yang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Struktur (Lengkap)


Sebelum ke contoh teks eksplanasi bertema gempa bumi, alangkah baiknya sobat perlu mengetahui apa saja struktur teka eksplanasi. Cermati ulasan berikut ini !

Struktur teks eksplanasi

1. Identifikasi fenomena (phenomenon identification)

Pada bagian ini akan dipaparkan identifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence)

Pada bagian ini disebut juga sebagai deretan penjelasan karena berisi rincian proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.

  • Rincian yang berpola atas pertanyaan "bagaimana" akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
  • Rincian dengan pola pertanyaan "mengapa" akan menghasilkan uraian yang tersusun secara sebab-akibat (kausalitas). Dengan demikian, fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat. 

3. Ulasan (review)

Pada bagian ulasan atau review berisi penilaian atau komentar tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Untuk lebih memahami tentang teks eksplanasi, cermati contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi beserta strukturnya, di bawah ini !

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi beserta Strukturnya (Terbaru) 


Gempa bumi

Gempa bumi

1. Identifikasi fenomena

Gempa bumi merupakan goncangan atau getaran yang disebabkan oleh pergerakan lapisan bumi dari bawah atau dasar permukaan bumi. Fenomena alam ini sering terjadi di sebuah wilayah yang dekat dengan lautan luas maupun gunung api yang aktif.

2. Deretan penjelasan (Isi)

Gempa bumi dapat terjadi karena lapisan gunung berapi dan pergeseran lempeng bumi. Getaran yang dihasilkan sangat kuat dan merambat ke segala arah. Sehingga dapat menghancurkan gedung-gudung dan menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu, akibat yang dihasilkan dari bencana gempa bumi sangat luar biasa.

Gempa bumi berdasarkan penyebabnya dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang disebabkan oleh lapisan bumi yang mengalami pergerakan. Dalam "Teori Plate Tectonics" dijelaskan bahwa bumi memiliki beberapa lapisan batuan. Sebagian lapisan dari kerak bumi akan hanyut dan mengapung, seperti layaknya salju. Kemudian lapisan ini akan bergerak secara perlahan sehingga menyebabkan lapisan ini terpecah-pecah dan akhirnya saling bertabrakan satu sama lain. Nah, itulah sebabnya gempa tektonik ini terjadi.

Sementara itu, gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang dahsyat. Gempa vulkanik hanya terjadi di suatu wilayah yang memiliki gunung berapi yang masih aktif. Sehingga gempa vulkanik jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik.

3. Ulasan

Fenomena alam berupa gempa bumi dapat terjadi kapan saja. Namun, gempa bumi lebih cenderung terjadi di tempat yang banyak terdapat gunung berapi. Sehingga disebut dengan tempat "lingkaran api". Meskipun demikian kita harus tetap waspada dan hati-hati.

Itulah contoh teks eksplanasi gempa bumi beserta strukturnya 

Semoga ulasan contoh teks eksplanasi di atas dapat menjadi referensi sobat dalam mempelajari materi teks eksplanasi. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Struktur (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel