Contoh Recount Text Singkat dan Artinya + Penjelasan [Lengkap]

Contoh recount text singkat beserta terjemahannya + struktur dan jenis (lengkap). Contoh recount text berbagai tema.



Contoh Recount Text Singkat dan Artinya + Penjelasan [Lengkap]


Contoh Recount Text Singkat dan Artinya + Penjelasan [Lengkap]

Pengertian recount text

Recount Text merupakan  jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali peristiwa, kejadian, atau pengalaman yang sudah terjadi di masa lampau.

Recount text juga bisa dikatakan sebagai kegiatan untuk mengingat kembali pada waktu lampau melalui cerita dalam sebuah teks.

Tujuan Recount Text

Tujuan dari recount text yaitu untuk memberikan menginformasikan dan menghibur pembaca karena di dalam teksnya tidak ada konfliknya.

Ciri-ciri recount text

Ciri-ciri recount teks adalah sebagai berikut :
  • Kalimatnya menggunakan past tense karena menceritakan sesuatu di masa lampau atau sudah terjadi.
  • Di dalamnya menggunakan action verb, misalnya visit, run, eat, dan lainnya. 
  • Menggunakan conjunction and time cinnectives, misalnya next, then, after, before, when, first, dan lainnya. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan atau merangkai suatu kejadian dan kejadian lainnya. 
  • Menggunakan adverbs dan adverbial phrase.

Macam-macam Recount Text

Recount text juga memiliki variasi yang dapat dikelompokkan seperti di bawah ini :
  • Personal Recount 
Yaitu recount text yang isinya menceritakan pengalaman pribadi penulis yang tak terlupakan. Misalnya saat masa sekolah, saat liburan di pantai, gunung, dan lainnya.
  • Factual Recount 
Yaitu recount text yang isinya berupa laporan peristiwa yang benar benar terjadi (fakta), seperti laporan kepolisian dan laporan percobaan ilmu pengetahuan.
  • Imaginative Recount 
Recount text yang isinya menceritakan imajinasi penulis mengenai suatu hal dengan menggunakan pola kalimat past tense. Recount text imaginatif tersusun secara urutan waktu.
  • Historical Recount
Recount text yang isinya membahas mengenai sejarah, baik itu benda maupun tempat bersejarah. Misalnya recount text tentang Candi Prambanan.

Struktur Recount Text

Untuk struktur dari recount text adalah sebagai berikut :

A. Orientation

Bagian ini memberikan informası mengenai siapa, kapan, dan dimana kejadian atau peristiwa itu terjadi di masa lampau.

B.  Events (isi) 

Pada struktur bagian ini, yaitu berisi rekaman rangkaian peristiwa yang terjadi. Biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.

Misalnya, "In the next day....., in the first day....., in the last day..... ". Di bagian ini juga terdapat komentar pribadi mengenai kejadian atau peristiwa yang diceritakan.

C.  Reorientation

Bagian ini merupakan pengulangan pengenalan yang sebelumnya ada di orientation. Pengulangan tentang rangkuman kejadian atau peristiwa yang sebelumnya telah diceritakan.

Contoh recount text singkat beserta terjemahannya 

Contoh recount text 1

My class-mates and I just have passed our first semester test. We decided to spend our holiday Tanjung Raya beach. We went there by car. It took us a long time to go there because the beach was abo 124 kilometers from Bandar Lampung.

The trip made us tired, but it all paid off when we saw the beach. It was very beautiful. I thought it was the most beautiful beach l had ever seen.

Tanjung Raya beach was a new tourism site It was opened about a month ago, so the beach still looked natural and clean, and I didn't see many people around. The waves were not too high, so we could swim safely. We really enjoyed swimming and playing at the beach. We also competed to make beautiful sand castles, and my friend, Atta, became the winner.

I found some small shops there. Those shops were owned by local people. They sold food, beverages clothes, souvenirs, and much more. We bought some snacks and juices to restore our energy because we still wanted to play and enjoy the sunset.

We decided to go home at 7 p.m. after we ate our dinner. We were totally exhausted, but we were so happy. We really enjoyed our time at that amazing beach. We plan to go there on our next holiday. I will also tell my family all about our experiences, so they would join us going there.

Terjemahan :

Teman-teman sekelas saya dan saya baru saja lulus ujian semester pertama kami. Kami memutuskan untuk menghabiskan liburan kami di Pantai Tanjung Raya. Kami pergi ke sana dengan mobil. Kami butuh waktu lama untuk pergi ke sana karena pantai itu sekitar 124 kilometer dari Bandar Lampung.

Perjalanan membuat kami lelah, tetapi semuanya terbayar ketika kami melihat pantai. Itu sangat indah. Saya pikir itu adalah pantai terindah yang pernah saya lihat.

Pantai Tanjung Raya adalah situs wisata baru. Dibuka sekitar sebulan yang lalu, jadi pantai ini masih terlihat alami dan bersih, dan saya tidak melihat banyak orang di sekitarnya. Ombaknya tidak terlalu tinggi, jadi kami bisa berenang dengan aman. Kami sangat menikmati berenang dan bermain di pantai. Kami juga berlomba membuat istana pasir yang indah, dan teman saya, Atta, menjadi pemenang.

Saya menemukan beberapa toko kecil di sana. Toko-toko itu milik orang lokal. Mereka menjual makanan, minuman pakaian, suvenir, dan banyak lagi. Kami membeli beberapa makanan ringan dan jus untuk memulihkan energi kami karena kami masih ingin bermain dan menikmati matahari terbenam.

Kami memutuskan untuk pulang pada jam 7 malam setelah kami makan malam kami. Kami benar-benar kelelahan, tetapi kami sangat bahagia. Kami benar-benar menikmati waktu kami di pantai yang menakjubkan itu. Kami berencana untuk pergi ke sana pada liburan berikutnya. Saya juga akan memberi tahu keluarga saya semua tentang pengalaman kami, sehingga mereka akan bergabung dengan kami pergi ke sana.

Contoh recount text 2

My eldest sister bought a new car. I was curious to know how to drive it, so I asked my sister to teach me. However, she refused to teach me now as she promised me that she would do that in three to four years.

At that time, I didn't have the patient to wait that long, so I kept on persuading her to teach me. Eventually, she gave in. She taught me how to drive three days later in a field. My sister was very patient when she taught me as she gave me some directions Meanwhile, I was really nervous since it was my first time driving a car.

One week after my first driving lesson with my sister, my family went to visit my grandmother in Salatiga, which took around 4 hour-drive. Thus, I was left alone at home, and I had the opportunity to drive my sister's car I had driven around for about 6km before I got nervous and lost my control since the street was narrow. Then I crashed into a wall.

I immediately called my sister to tell her about the accident. I expected my sister to be mad at me. However, on the contrary, she was being really nice as she just gave me a genuine smile and some advice when she came home Since the accident, I have promised my sister to never drive her car again without her permission.

Terjemahan :

Kakak perempuan tertua saya membeli mobil baru. Saya ingin tahu bagaimana mengendarainya, jadi saya meminta saudara perempuan saya untuk mengajari saya.  Namun, dia menolak untuk mengajar saya sekarang karena dia berjanji kepada saya bahwa dia akan melakukan itu dalam tiga sampai empat tahun.

Pada saat itu, saya tidak memiliki pasien untuk menunggu selama itu, jadi saya terus membujuknya untuk mengajar saya.  Akhirnya, dia menyerah. Dia mengajari saya cara mengemudi tiga hari kemudian di ladang.  Adik saya sangat sabar ketika dia mengajar saya ketika dia memberi saya petunjuk. Sementara itu, saya benar-benar gugup karena ini adalah pertama kalinya saya mengendarai mobil.

Satu minggu setelah pelajaran mengemudi pertama saya dengan saudara perempuan saya, keluarga saya pergi mengunjungi nenek saya di Salatiga  yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Jadi, saya ditinggal sendirian di rumah, dan saya memiliki kesempatan untuk mengendarai mobil kakak saya yang telah saya kendarai sekitar 6 km sebelum saya merasa gugup dan kehilangan kendali karena jalannya sempit. Lalu aku menabrak tembok.

Aku segera menelepon adikku untuk memberitahunya tentang kecelakaan itu. Saya berharap kakak saya marah kepada saya. Namun, sebaliknya, dia bersikap sangat baik karena dia hanya memberi saya senyum tulus dan beberapa saran ketika dia pulang ke rumah Sejak kecelakaan itu, saya telah berjanji kepada saudara perempuan saya untuk tidak pernah mengemudikan mobilnya lagi tanpa seizinnya.

Contoh recount text 3

Let me tell you my true story. It happened 15 years ago. We lived in a very harmonious family consisting of my dad, mom, my younger sister, and of course me. I was typIcally a spoiled child.

My mom never permitted me to play outside. I could only see kids playing outside with friends, running around, and having fun.

My parents ran a small restaurant to an earn a living. Time passed by, I realized the situation. Our house's rent got more expensive while the business did not make that much money. I had to help my parents at the restaurant frequently Actually, I enjoyed it, answering calls, taking orders, and doing a job as a worker did.

Occasionally, customers asked about my age. They praised me,"A ten years old child, for being able to help your parents at the restaurant and doing a good job at it." After that I realize that I was able to do things other kids my age could not do and I was happy about it.

Terjemahan :

Biarkan saya menceritakan kisah saya yang sebenarnya.  Itu terjadi 15 tahun yang lalu.  Kami tinggal di keluarga yang sangat harmonis yang terdiri dari ayah, ibu, adik perempuan saya, dan tentu saja saya. Saya biasanya anak manja.

Ibuku tidak pernah mengizinkanku bermain di luar. Saya hanya bisa melihat anak-anak bermain di luar dengan teman-teman, berlarian, dan bersenang-senang.

Orang tua saya mengelola sebuah restoran kecil untuk mencari nafkah. Waktu berlalu, saya menyadari situasinya. Sewa rumah kami menjadi lebih mahal sementara bisnisnya tidak menghasilkan banyak uang. Saya harus sering membantu orang tua saya di restoran. Saya menikmatinya, menjawab telepon, menerima pesanan, dan melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan pekerja.

Kadang-kadang, pelanggan bertanya tentang umur saya. Mereka memuji saya, "Seorang anak berusia sepuluh tahun, karena dapat membantu orang tua Anda di restoran dan melakukan pekerjaan dengan baik." Setelah itu saya menyadari bahwa saya dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh anak-anak seusia saya dan saya senang karenanya.

Itulah contoh recount text singkat beserta terjemahannya 

Semoga contoh recount text di atas dapat bermanfaat sebagai referensi bagi sobat yang sedang belajar bahasa Inggris. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Recount Text Singkat dan Artinya + Penjelasan [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel