Contoh Discussion Text Singkat beserta Struktur dan Artinya

Contoh discussion text singkat beserta strukturnya & artinya. Contoh discussion text berisikan pendapat pro & kontra.

Discussion text merupakan salah satu jenis teks yang dibahas dalam bahasa inggris. Teks ini berisi tentang dua pendapat yang saling bertentangan.

Seperti apa contoh discussion text, simak ulasan di bawah ini !

Contoh discussion text singkat beserta struktur & artinya 


Contoh Discussion Text Singkat beserta Struktur dan Artinya


Discussion text merupakan sebuah tulisan yang
isinya memaparkan perdebatan antara pro dan kontra mengenai sebuah masalah yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda.

Struktur discussion text 

1. Issue

Bagian ini berisi mengenai isu yang akan dibahas atau didiskusikan dalam tulisan tersebut.

2. Argument For or Against

Penulis menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli atau tanpa menyebutkan siapa yang berpendapat tetapi pendapat itu memang sudah umum diketahui.

Urutan pemaparan pendapat dari penulis biasanya akan menjelaskan pendapat yang pro (argument for) baru disusul dengan pendapat yang kontra (argument against) pada paragraf berikutnya.

3. Elaboration

Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, penulis harus terlebih dahulu memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat yang telah dipaparkan.

4. Conclusion atau Recommendation

Memuat kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis.

Contoh discussion dan terjemahannya 


Contoh discussion text 1

In July 2016, Indonesian government executed some criminals. They were drug peddlers who had been sentenced to death They were executed in Nusakambangan by firing squad This provoked arguments in society. Some people agree with capital punishment but others hardly oppose it.

On one hand, a death sentence is believed to be an effective tool for law enforcement as it reduces crime. It is also cheaper than life imprisonment The punishment guarantees those who committed horrendous crimes will never have the opportunity to cause future tragedies.

On the other hand, there are people oppose the death penalty They state that a death sentence has no significant effect on crime It only gives the government the power to take people's lives, and it could also potentially cause social injustices by intentionally targeting people of colour which is racist. People who are not able to pay good attorneys may also be the target of this punishment They suggest that life imprisonment is more appropriate.

The death penalty will always have its pros and cons. Some people think that it is a very effective way to reduce crime. However, others argue that this punishment can lead to social injustices.

Terjemahan :

Pada Juli 2016, pemerintah Indonesia mengeksekusi beberapa penjahat. Mereka adalah penjual obat bius yang telah dijatuhi hukuman mati. Mereka dieksekusi di Nusakambangan oleh regu tembak. Ini memicu argumen di masyarakat. Beberapa orang setuju dengan hukuman mati tetapi yang lain hampir tidak menentangnya.

Di satu sisi, hukuman mati diyakini sebagai alat yang efektif untuk penegakan hukum karena mengurangi kejahatan.  Ini juga lebih murah daripada penjara seumur hidup. Hukuman ini menjamin mereka yang melakukan kejahatan mengerikan tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk menyebabkan tragedi di masa depan.

Di sisi lain, ada orang yang menentang hukuman mati. Mereka menyatakan bahwa hukuman mati tidak berpengaruh signifikan terhadap kejahatan. Ini hanya memberi pemerintah kekuatan untuk mengambil nyawa orang, dan itu juga berpotensi menyebabkan ketidakadilan sosial dengan secara sengaja menargetkan orang-orang kulit berwarna yang rasis. Orang yang tidak mampu membayar pengacara yang baik mungkin juga menjadi sasaran hukuman ini. Mereka berpendapat bahwa hukuman penjara seumur hidup lebih tepat.

Hukuman mati akan selalu memiliki pro dan kontra. Beberapa orang berpikir bahwa ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengurangi kejahatan. Namun, yang lain berpendapat bahwa hukuman ini dapat menyebabkan ketidakadilan sosial.

Contoh discussion text 2

In the past, a family usually had many children, at least four of five children However, today's married couples usually only have one or two children Which option has more advantages?

Some people think that a big family has more advantages Life will be cheerful because there are a lot of people in the family with their own characteristic. Some people also enjoy going out in a large group, that's the reason they prefer big family Moreover, a big family has more people to do house work.

Things will be easier because they are shared to among several persons Finally, when one of the family members is in trouble, there are more people to help her or him out.

Those who are against having a big family think that a large family means more people they need to spend their money on A big family needs more money for daily needs and, more importantly, for the children's education In some cases, a family who find it hard to fulfil their daily needs will sacrifice their children's education It means they sacrifice their childrens future If the father is the sole bread-winner, an unfortunate accident, that might prevent him from working, may damage the whole family as well.

In conclusion, people should beware of having a big family.

Terjemahan :

Di masa lalu, sebuah keluarga biasanya memiliki banyak anak, setidaknya empat atau lima anak. Namun, pasangan yang menikah saat ini biasanya hanya memiliki satu atau dua anak. Pilihan mana yang memiliki lebih banyak keuntungan?  

Beberapa orang berpikir bahwa keluarga besar memiliki lebih banyak keuntungan Hidup akan menjadi ceria karena ada banyak orang dalam keluarga dengan karakteristik mereka sendiri. Beberapa orang juga senang pergi keluar dalam kelompok besar, itulah alasan mereka lebih suka keluarga besar memiliki lebih banyak orang untuk melakukan pekerjaan rumah.

Hal-hal akan lebih mudah karena mereka dibagikan kepada beberapa orang. Akhirnya, ketika salah satu anggota keluarga dalam kesulitan, ada lebih banyak orang untuk membantunya. 

Mereka yang menentang memiliki keluarga besar  berpikir bahwa keluarga besar berarti lebih banyak orang yang mereka butuhkan untuk menghabiskan uang mereka pada keluarga besar membutuhkan lebih banyak uang untuk kebutuhan sehari-hari dan, yang lebih penting, untuk pendidikan anak-anak 

Dalam beberapa kasus, sebuah keluarga yang merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka akan mengorbankan  pendidikan anak-anak mereka. Itu berarti mereka mengorbankan masa depan anak-anak mereka. Jika sang ayah adalah satu-satunya pemenang roti, sebuah kecelakaan yang tidak menguntungkan, yang dapat mencegahnya dari bekerja, dapat merusak seluruh keluarga juga dalam

Kesimpulan  pada, orang harus berhati-hati memiliki keluarga besar.

Contoh discussion text 3

It is reported that 97% of US children aged 12-17 years play video games. The domestic video game industry is worth 21 53 billion dollars. Unfortunately, about half of the 50 best-selling video games contain violence.

Violent gaming videos have been held responsible for school shootings, intimidation, and violence against women.

Critics claimed that these violent video games make players insensitive to violence. It also rewards them for imitating violence and teaches children that violence is a possible answer to solve conflicts.

On the other hand, video game advocates argue that most of the research on this topic is severely flawed and there is no causal relationship between the games and domestic violence. They retort that video games with violence can provide a safe way to channel aggressive and iritable feelings. They also claim that these games can reduce crime.

Terjemahan :

Dilaporkan bahwa 97% anak-anak AS berusia 12-17 tahun bermain video game. Industri video game dalam negeri bernilai 21 53 miliar dolar. Sayangnya, sekitar setengah dari 50 video game terlaris mengandung kekerasan. 

Video game kekerasan telah dianggap bertanggung jawab atas penembakan di sekolah, intimidasi, dan kekerasan terhadap perempuan. 

Para kritikus mengklaim bahwa video game kekerasan ini membuat pemain tidak peka terhadap kekerasan.  Ini juga memberi penghargaan kepada mereka karena meniru kekerasan dan mengajari anak-anak bahwa kekerasan adalah jawaban yang mungkin untuk menyelesaikan konflik. 

Di sisi lain, advokat video game berpendapat bahwa sebagian besar penelitian tentang topik ini sangat cacat dan tidak ada hubungan kausal antara permainan dan kekerasan dalam rumah tangga.  Mereka membalas bahwa video game dengan kekerasan dapat memberikan cara yang aman untuk menyalurkan perasaan agresif dan kesal. Mereka juga mengklaim bahwa game-game ini dapat mengurangi kejahatan.

Itulah contoh dari discussion text 

Semoga dengan adanya contoh discussion text di atas dapat menjadi referensi bagi sobat yang sedang mendalami bahasa Inggris. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Discussion Text Singkat beserta Struktur dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel