Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Rumah beserta Strukturnya

Contoh teks laporan hasil observasi tentang rumah. Laporan hasil observasi atau LHO merupakan teks berisikan penjabaran umum dari hasil pengamatan panca indra (observasi). Teks laporan hasil observasi menggambarkan bentuk, sifat, karakteristik dari sebuah objek berupa benda, hewan, maupun tanaman.

Teks laporan hasil observasi memiliki beberapa struktur, diantaranya :
  • Pernyataan umum/definisi umum/klasifikasi 
Pada bagian definisi umum akan berisikan pengantar atau pembuka dari objek yang akan dibahas. Bagian ini pula akan mengupas mengenai hal umum mengenai objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar hal tersebut.

Selanjutnya berisi mengenai dasar pengelompokan atau pengklasifikasian dari sebuah objek. Ciri-ciri struktur pada bagian ini yaitu menggunakan konjungsi (kata hubung) adalah, merupakan, yaitu, dan yakni.
  • Deskripsi bagian
Pada bagian ini akan berisikan sebuah uraian rinci sebagai lanjutan dari definisi umum. Deskripsi bagian akan mengulas secara lebih rinci dan detail mengenai bagian-bagian yang sudah diklasifikasikan di struktur sebelumnya
  • Deskripsi manfaat
Seperti namanya, struktur ini meliputi manfaat atau kegunaan dari sebuah objek yang sedang di bahas.

Untuk lebih lengkapnya, sobat bisa belajar di sini : Teks Laporan Hasil Observasi-Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri &Contoh

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Rumah beserta Strukturnya


Untuk lebih memahaminya, di bawah ini sudah disediakan contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya. Cermati contoh di bawah ini!

Teks laporan hasil observasi tentang rumah


Rumah surga kecilku


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Rumah beserta Strukturnya


Definisi umum

Rumah merupakan sebuah bangunan sebagai tempat tinggal. Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia yaitu sebagai kebutuhan papan untuk tempat hunian. Rumah sebagai tempat kita berlindung dari teriknya matahari dan hujan. Rumah sebagai tempat kita berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara tersayang.

Rumah ada beragam jenisnya. Secara umum, rumah bisa dikategorikan berdasarkan ukurannya, bahan dasarnya, masa pemakaian, dan letaknya.

Deskripsi Bagian

Rumah berdasarkan ukurannya sudah jelas, yaitu rumah kecil dan rumah besar. Rumah kecil biasanya dihuni untuk kalangan menengah ke bawah, sedangkan rumah besar biasanya menjadi hunian bagi kelas-kelas atas. Rumah besar tidaklah menjamin kebahagiaan, juga sebaliknya. Hal yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana penghuninya dalam merawat dan memelihara rumah-rumah miliknya.

Untuk bahan baku yang digunakan, kebanyakan rumah terbagi menjadi berbahan kayu dan berbahan semen atau beton. Di era modern sekarang ini, jarang sekali ditemui rumah berbahan kayu, meskipun ada tapi letaknya di pelosok-pelosok daerah tertentu. Dengan menggunakan bahan dasar beton akan membuat rumah lebih kuat dan tahan lama.

Masa pemakaian rumah pun tak luput menjadi perhatian seseorang dalam membangun sebuah rumah. Jika seseorang menginginkan hunian yang akan digunakan dalam jangka waktu panjang, maka jenis rumah yang tepat yaitu rumah permanen. Oleh karenanya digunakan dalam jangka panjang, bahan baku untuk membuatnya pun menggunakan beton agar kuat dan tahan lama.

Begitu pula sebaliknya rumah non-permanen digunakan untuk tempat hunian dalam waktu yang pendek, misalnya dalam hitungan hari atau bulan. Rumah non-permanen atau rumah sementara meliputi tenda pengungsian, rusun (rumah susun) untuk korban bencana,  hotel, apartemen, dan kos.

Rumah pun bisa kita kategorikan berdasarkan letaknya, bisa meliputi di pesisir pantai dan pegunungan. Rumah berdasarkan letaknya akan memiliki ciri khas tertentu, misalnya untuk wilayah pesisir pantai, rumahnya akan dibangun agak tinggi dan menggunakan genting. Hal ini bertujuan agar di waktu siang hari tetap terasa dingin.

Berbeda halnya di pegunungan, yang mayoritas rumahnya tidak terlalu tinggi dan atapnya menggunakan seng agar dapat menyimpan panas lebih lama.

Deskripsi Manfaat

Manfaat utama sebuah rumah adalah untuk tempat tinggal. Dalam kesehariannya, biasanya orang akan menggunakan rumah sebagai tempat untuk beristirahat sehabis melakukan kegiatan di luar rumah, baik untuk bekerja, bersekolah, maupun aktivitas keseharian lainnya.

Rumah dapat berfungsi sebagai tempat untuk berkumpulnya anggota keluarga, sanak saudara, dan teman. Disinilah tempat kita untuk memenuhi kepuasan batin berupa rasa kasih sayang, keharmonisan, dan kebersamaan antar anggota keluarga.

Rumah pun sebagai sarana awal edukasi bagi anak-anak, yaitu sebuah pendidikan informal.  Di sinilah mereka mendapatkan pelajaran, seperti kesopanan, tata krama, dan sebagainya yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, terutama orang tua.

Itulah contoh teks laporan hasil observasi rumah beserta strukturnya

Semoga contoh di atas dapat sebagai referensi dalam memahami apa itu laporan hasil observasi. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Rumah beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel