Contoh Pidato Hari Kartini Singkat dan Jelas (Mudah Dihafal)

Contoh pidato Hari Kartini singkat dan jelas (terbaru & mudah dihafal). Pidato Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Pidato hari kartini sering kali dikumandangkan guna memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Sebagai warga negara yang memiliki rasa nasionalis, kita sepatutnya bisa menghargai jasa-jasa para pejuang Indonesia. Misalnya saja Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan emansipasi bagi kaum hawa. Gimana caranya?

Misalnya saja ikut serta pada upacara peringatan Hari Kartini dengan penuh khidmat. Bagi Anda yang biasanya menjadi pembina upacara, di bawah ini akan diulas mengenai contoh pidato hari kartini. Cermati ulasan di bawah ini!

Contoh Pidato Peringatan Hari Kartini 


Contoh Pidato Hari Kartini Singkat dan Jelas (Mudah Dihafal)
Gambar via : wikipedia.org


Pidato Hari Kartini Singkat dan Jelas (Mudah Dihafal) 


Bapak/Ibu yang kami hormati,
Para remaja yang kami cintai,
Hadirin serta anak-anak yang terkasih,
Assalamualaikum Wr.Wb.

Di tengah hari yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan YME atas karunia dan rakhmat-Nya yang dilimpahkan kepada bangsa Indonesia. Khususnya bagi kaum wanita Indonesia sehingga sampai detik ini dan seterusnya kaum wanita dapat berdiri sejajar dengan kaum pria. Umumnya lagi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tengah memperingati Hari Kartini.

Berkat daya juang Raden Ajeng Kartinilah kaum wanita sekarang ini dapat ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Bahkan puncak pimpinan tinggi negara dijabat oleh wanita.

Bapak/Ibu hadirin dan adik-adik remaja yang saya hormati, sekarang ini kita bisa berbangga diri atas keberhasilan kaum wanita Indonesia, mampu mensejajarkan diri dan martabatnya dengan kaum pria. Semoga semangat Kartini yang melandasi di hati sanubari wanita Indonesia ini tidak lengkung ditelan waktu dan tidak luntur hingga akhir jaman, Amin.

Hadirin di lingkungan kaum priyayi Jawa yang sarat dengan peraturan yang mengekang dan membatasi gerak kaum wanita saat itu. Hati dan perasaan Kartini terus bergejolak, hingga akhirnya dicurahkannya ke dalam bentuk surat-surat. Surat-surat KartinĂ­ yang berisi perasaan den npemikirannya tentang perbedaan atau diskriminasi terhadap kaum pria dikumpulkan dan dirangkum isinye menjadi sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah terang. Nah, ternyata buku inilah yang membawa angin segar khususnya wanita yang matmpu mendobrak dominasi serta mensejajarkan diri dengan kaum pria.

Ibu-ibu, para remaja serta hadirin sekalian yang kami hormati, sungguh berbangga kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai wanita berjiwa satriya seperti Raden Ajeng Kartini sehingga beliau berjuluk pendekar wanita. Namun ketahuilah wahai wanita Indonesia bahwa Kartini tidak menghendaki kita hanya puas dan berbangga diri, puas dengan apa yang telah dicapai sekarang ini.

Tidak saudara-saudara! Masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan kita selesaikan. Masih banyak pembedaan yang terjadi di negara kita ini terhadap kaum wanita. Hal ini berarti emansipasi yang dicita-citakan oleh Raden Ajeng Kartini belum sepenuhnya terwujud.

Oleh karena itu, ibu dan remaja sebagai kaum wanita jangan hanya berdiam diri dan berpangku tangan, tibalah mainset kalian dan mulailah dari sekarang. Ikut aktif ambil bagian dalam proses pembangunan nasional. Selanjutnya, ibu-ibu serta hadirin yang kami hormati, alangkah bahagianya Ibu pertiwi kita bila wanita Indonesia ikut berperan dalam masa pembangunan sekarang ini.

Yakinkanlah hati kalian bahwa kalian bisa menghadapi tantangan di masa depan. Kobarkan api semangat Kartini. Ciptakanlah Kartini-kartini baru yang mandiri, tangguh dan profesional dalam menghadapi setiap tantangan di era globalisasi, namun dengan tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita.
Hadirin yang berbahagia, banyak sebenarnya yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan peringatan Hari Kartini ini. Tetapi yang openting sekarang ini ialah karya nyata dari kaum wanita dalam pembangunan bangsa dan negara di era globalisasi ini, terutama sekali dalam meneruskan cita-cita luhur Raden Ajeng Kartini.

Selanjutnya, dalam semarak upacara peringatan Hari Kartini malam ini pesan kami, pandai-pandailah wahai wanita Indonesia penerus perjuangan Kartini dalam menentukan nasib kaumnya, sehingga selamat pada tujuan. Kepada kaum wanita khususnya remaja yang ada di kecamatan ini bangkitlah, berhati-hatilah dalam memilih teman dan pergaulan. Janganlah kalian jatuh ke dalam lembah nista, tetapi berbuatlah sesuatu demi meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara.

Demikianlah sambutan ini bila ada salah kata atau sikap yang kurang berkenan kiranya hadirin yang kami hormati sudi memaaafkannya. Semoga amal baik ibu- ibu dan remaja wanita senantiasa dalam limpahan rakhmat hidayah sehingga cita-cita luhur Kartini bisa terwujud khususnya untuk kemajuan wilayah keca- matan kita tercinta ini. Akhir kata kami ucapkanterima kasih, dan ........
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah contoh pidato Hari Kartini

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat guna referensi dalam membawakan pidato sambutan di Hari Kartini. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Hari Kartini Singkat dan Jelas (Mudah Dihafal) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel