Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah Resmi (Singkat & Praktis)

Contoh teks MC perpisahan sekolah resmi (singkat dan praktis). Untuk perpisahan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Acara perpisahan merupakan sebuah momen yang sangat mengesankan, khususnya bagi siswa-siswi yang akan meninggalkan sekolah guna melanjutkan pendidikannya. Acara perpisahan sekolah dianggap sebagai acara rutinitas sebagai simbol selesainya siswa dalam belajar di jenjang sekolah tertentu.

Nah, di bawah ini kami akan membagikan contoh teks MC perpisahan sekolah. Baik untuk SD, SMP, maupun SMA.

Note : Teks MC di bawah ini menggunakan jenjang SMA hanya sebagai contoh pada acara perpisahan. Secara umum susunan teks MC perpisahan semua sama. Hanya jenjangnya yang membedakan.

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah Resmi (Singkat & Praktis)


Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah Resmi (Singkat & Praktis)


Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, para hadirin yang kami muliakan, dan rekan-rekan yang kami sayangi.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama dan yang paling diutamakan, marilah kita bersyukur kapada Tuhan YME atas berkah dan rakhmat-Nya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam rangka menghadiri acara perpisahan purna siswa kelas XII SMU 6 Gilong.

Bapak dan ibu guru yang kami muliakan dan rekan-rekan yang kami cintai, tiga tahun lamanya kita bersama-sama dalam lingkungan sekolah dimana terjalin rasa keakraban dan pertalian persaudaraan yang erat, baik diantara sesama siswa, maupun antara siswa dan guru. Ingin rasanya kita bersama-sama dalam canda dan tawa namun pada hari ini kita harus berpisah demi melanjutkan cita-cita.

Adapun susunan acara dalam rangka perpisahan bersama sebagai berikut :

1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
3. Sambutan-sambutan
  • Sambutan Kepala Sekolah 
  • Sambutan wakil atas nama Bapak dan Ibu Guru
  • Sambutan wakil atas nama teman-teman. 
4. Prosesi purnawiyata dan ucapan salam perpisahan
5. Penyerahan kenang-kenangan
6. Doa bersama.
7. Penutup

Demikian susunan acara sederhana siang ini.

1. Pembuakaan

Untuk mempersiapkan waktu marilah kita mulai acara pada hari ini dengan bacaan Basmallah bersama, bagi yang non-Muslim untuk menyesuaikan.
 "Bismillahirrohmanirrohim"

Acara selanjutnya, yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kepada yang terhormat seluruh tamu undangan diharapkan untuk berdiri.

Sebagai dirigen yang terhormat Ibu Ratnasari disilahkan maju ke depan !.

2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya 

Tamu undangan dipersilahlan duduk kembali. Terima kasih kepada Ibu Ratnasari yang bertindak sebagai dirigen.

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Kepala SMU 6 Gilok. Kepada yang terhormat Bapak Handoyo. S.Pd. dipersilahlan !

3. Sambutan-sambutan

  • Sambutan Kepala Sekolah 
Terima kasih atas sambutan dari Kepala Sekolah. Semoga pesan-pesan yang beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Menginjak acara sambutan yang kedua akan disampaikan oleh perwakilan dari Bapak dan Ibu guru. Kepada yang terhormat Ibu Ratriningsih kami persilakan !
  • Sambutan wakil atas nama bapak dan ibu guru
Demikian rekan-rekan sambutan wakil atas nama Bapak dan Ibu Guru.

Kami sebagai siswa dibawah bimbingan bapak ibu sangat terharu sekali dengan apa yang telah disampaikan. Berat rasanya hati ini berpisah dengan Bapak dan Ibu Guru vang telah rela dan ikhlas membimbing kami semua dengan penuh kesabaran dan tulus.

Kami sebagai murid sering kali membuat Bapak dan Ibu Guru menjadi jengkel dan marah, namun beliau tetap memberikan bimbingan dan pengarahan dengan penuh welas asih dan dedikasi yang tinggi. Semoga Tuhan membalas amal dan bakti kebaikan Bapak dan Ibu Guru. Amin.

Untuk acara selanjutnya yaitu sambutan wakil atas nama siswa-siswi seluruh kelas XII SMU 6 Gilong. Kepada rekan Benny Widianto disilahkan !
  • Sambutan wakil atas nama seluruh kelas XII
Terima kasih sambutan wakil atas nama siswa-siswi kelas XII SMU 6 Gilong. Untuk acara selanjutnya yaitu prosesi purnawiyata dan ucapan salam perpisahan.

Yang terhormat kepada Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru untuk menempatkan diri ke depan. Selanjutnya para siswa-siswi akan menyalaminya dan mengucapkan salam perpisahan satu persatu secara berurutan.

4. Prosesi purnawiyata dan ucapan salam perpisahan 

Bapak dan Ibu Guru dimohon duduk kembali. Acara selanjutnya yaitu penyerahan kenang-kenangan dari para siswa-siswi kelas XII SMU 6 Gilong. Kepada yang terhormat Kepala SMU 6 Gilong dan perwakilan kelas XII disilahkan maju ke depan !


5. Penyerahan kenang-kenangan

Demikianlah penyerahan kenang-kenangan dari siswa siswi kelas XII. semoga dengan adanya kenang-kenangan tersebut dapat digunakan sebagai obat rasa rindu akan keakraban, kebersamaan, dan kekompakan selama 3 tahun terakhir ini.

Acara selanjutnya yaitu doa bersama, kepada yang terhormat Bapak Kholil dipersilahlan untuk memimpin doa. Untuk non-Muslim bisa menyesuaikan.

6. Doa bersama 

Terima kasih kepada Bapak Kholil yang telah memimpin doa. Semoga dengan doa, acara pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

7. Penutup

Sebelumnya kami atas nama siswa dan siswi kelas XII SMU 6 Gilong mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas segala pengajaran, pendidikan dan bimbingan serta pengarahan Bapak dan Ibu Guru berikan kepada kami selama ini.

Kami siswa kelas XII tak bisa memberi apa-apa kepada Bapak dan Ibu Guru, melainkan hanya dharma bakti kami bagi nusa dan bangsa. Dan apabila selama dalam mengikuti pendidikan dan pengajaran di sekolah ini telah banyak membuat marah dan jengkel oleh karena ucapan, sikap dan tingkah laku yang kurang berkenan di sanubari Bapak/Ibu Guru sekalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekali lagi untuk itu kami mohon maaf dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Itulah contoh teks MC perpisahan sekolah (resmi dan praktis). 

Semoga contoh di atas dapat bermanfaat sebagai referensi. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah Resmi (Singkat & Praktis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel