Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda (Singkat dan Terbaru)

Contoh pidato peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober. Pidato sumpah pemuda, singkat, terbaru, mudah dihafal

Setelah tahun 1908 organisasi Boedi Oetomo membangkitkan rakyat Indonesia untuk bersatu. Tahun 1928, para pemuda pun turut ambil bagian dalam mempersatukan bangsa ini. Hingga puncaknya yaitu kongres akbar para pemuda yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda.

28 Oktober menjadi saksi peristiwa penting dan bersejarah bagi Bangsa Indonesia, dengan peristiwa inilah menjadi tonggak awal persatuan dan kesatuan atas dasar tumpah darah, bahasa persatuan, dan bangsa yang satu, yaitu Indonesia.

Contoh pidato hari sumpah pemuda 28 Oktober

Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda (Singkat dan Terbaru)
Gambar via : indozone.id

Saking begitu penting dan bersejarah, tak heran setiap tanggal 28 Oktober akan dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati sumpah pemuda. Nah, bagi Anda yang berkesempatan untuk memberikan sambutannya, di bawah ini telah dicontohkan pidato hari sumpah pemuda. Cermati di bawah ini !

Pidato hari sumpah pemuda


Saudara-saudara hadirin yang terhormat,
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama dan yang paling diutamakan marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah dan nikmat-Nya kepada kita sekalian. Sehingga di pagi yang cerah ini masih diperkenankan berkumpul dalam rangka memperingati HarĂ­ Sumpah Pemuda.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Dari tahun ke tahun kita selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda, tak terbatas dengan wilayah, pasti saat telah tiba 28 Oktober, di seluruh Indonesia akan mengenang peristiwa sejarah ini.

Namun apalah artinya sebuah peringatan kalau tidak tahu arti dan makna dari peringatan tersebut. Nah, di sinilah tugas kita sebagai generasi penerus agar mempunyai kesadaran akan persatuan dan kesatuan.

Makna penting dari Ikrar atau sumpah yang mereka nyatakan bersama saat itu adalah agar tumbuh kesadaran dari pemuda-pemuda kala itu untuk mengikat diri dalam persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa dan tanah air yaitu INDONESIA.

Dulu mereka memang masih belum bersatu, masih bersifat kedaerahan. Namun mengapa mereka harus rela mengikatkan diri dalam satu wadah yaitu Indonesia? Itulah pertanyaannya
Memang dulu mereka berasal dari organisasi yang beragam seperti Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, atau Jong-jong yang lainnyn. Namun karena merasa senasib dan sepenanggungan di bawah penindasan dan penjajahan Kolonial mereka mengikat diri dalam sebuah persatuan dan kesatuan sesuai isi ikrar sumpah pemuda.

Pemuda pemudi Indonesia sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu Merdeka, bebas dari penindasan dan penjajahan, bebas menentukan nasib dan masanya sendiri. Lalu pada tanggal 28 Oktober para pemuda dari berbagai daerah berkumpul mengadakan konggres pemuda untuk menyatakan sikap dan menentukan arah perjuangan untuk mencapai satu tujuan.

Di kongres akbar itulah mereka menyatakan sumpahnya untuk berbangsa satu, berbahasa satu dan bertanah air satu yaitu Indonesia. Saat itu pulalah lagu kebangssan Indonesia Raya untuk pertama kalinya diperdengarkan dan dibawakan langsung oleh penciptanya pemuda Wr. Supratman.

Saudara-saudara sekalian yang terhormat,
Tema kita pada Hari Sumpah Pemuda yaitu meneruskan warisan kejayaan kepada para pemuda sebagai generasi penerus. Ini artinya pemuda adalah tulang punggung pembangunan bangsa dan negara maka sudah selayaknyalah pada peringatan Sumpah Pemuda kali ini kita tingkatkan persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa dan negara.

Marilah mulai sekarang, kita tingkatkan perjuangan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang, sehingga dengan demikian tidak sia-sialah amanat dari para pahlawan kita yang cinta pada kemerdekaan.

Semoga dengan adanya semangat sumpah pemuda, kita bisa bersama-sama menyatukan dan menyatakan kebulatan tekad, sehingga tidak memberikan peluang kepada pihak manapun untuk mengacau jalannya pembangunan di negara ini. Juga tidak memberi peluang sedikit pun kepada para pemalas yang hanya suka berpangku tangan, sehingga dengan demikian tujuan negara menuju masyarakat yang adil dan makmur serta merata berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 bisa segera terwujud.

Dengan semangat sumpah pemuda, dengan bertanah air satu tanah air Indonesia, dengan ber- bangsa satu bangsa Indonesia,dan dengan berbahasa satu bahasa Indonesia kita galang persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam menghadapi segala tantangan dan usaha-usaha pihak lain baik dari dalam maupun luar yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Percayalah bahwa kita adalah bangsa yang besar. Bangsa yang kuat yang mampu menyelesaikan semua tantangan. Karena hanya dengan percaya dirilah kita bisa menjadi bangsa yang besar. Tunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia mampu mengurus dirinya sendiri.

Selamat berjuang wahai pemuda Indonesia, pereratlah rasa persatuan dan kesatuan diantara kalian, bangunlah jiwa ini dengan rasa nasionalisme dan mentalitas bangsa yang tinggi dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadapinya, niscaya cita-cita bangsa akan segera tercapai. Merdeka...!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Itulah contoh pidato hari sumpah pemuda

Semoga contoh pidato sumpah pemuda di atas dapat dijadikan sebagai referensi bagi sobat dalam memberikan sambutan. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda (Singkat dan Terbaru)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel