Macam-Macam Servis dalam Bulutangkis (Gambar & Penjelasan)

Macam-macam servis bulutangkis beserta penjelasan, cara melakukan, dan gambar : servis pendek, flick, dan tinggi.

Sering nonton bulutangkis?

Pasti tahu kan macam-macam teknik servis yang digunakan para pemain. Mulai dari servis untuk permainan tunggal maupun servis untuk permainan ganda. Atau misal servis seperti short servis, lob servis, dan teknik servis lainnya.

Nah, itu merupakan macam-macam teknik dalam melakukan servis, dari yang paling sederhana hingga sampai teknik yang mempunyai kesulitan yang tinggi. Apa saja sih macam-macam servis dalam permainan bulutangkis ? Yuk ikuti ulasan di bawah ini !

Macam-Macam Servis dalam Bulutangkis (Gambar & Penjelasan)

Macam-Macam Servis dalam Bulutangkis (Gambar & Penjelasan)


Sebelum lanjut lebih detail lagi, alangkah baiknya jika sobat harus mengetahui apa itu yang dimaksud dengan servis.

Pengertian servis

Servis adalah serangan pertama sebagai pertanda bahwa permainan dimulai. Sebagai serangan, maka para pemain pasti akan menghadiahkan bola yang sulit untuk lawan sehingga dapat mencuri poin dengan mudah.

Sama seperti permainan bola voli, servis dalam bulutangkis menjadi suatu hal yang penting. Sebab apabila kegagalan servis akan membuat kehilangan satu poin dan bola pun akan pindah ke pihak lawan. Oleh karena itu, teknik servis merupakan sebuah dasar yang harus dikuasai sempurna oleh pemain bulutangkis

Ketentuan servis baru oleh BWF

Aturan lama mengisyaratkan pemain boleh memegang shuttlecock dengan ketinggian di bawah pinggang sebelum dipukul.Tetapi, peraturan baru mengisyaratkan pemain harus memegang bola kurang dari 115 cm sebelum dipukul.

Jadi kesimpulannya, jika pemain memegang bola melebihi 115 cm sebelum servis. Maka akan dianggap pelanggaran, hal ini berakibat poin dan bola untuk lawan.

Sebuah servis bisa membuahkan poin percuma bagi lawan jika :
  • Servis dinyatakan foul karena dipegang dengan ketinggian lebih dari 115 cm dari permukaan lapangan.
  • Shuttlecock mendaratdi luar area lapangan (lapangan tunggal dan ganda luasnya berbeda) 
  • Pemain banyak mengulur waktu sebelum melakukan servis, maka pemai akan dihadiahi kartu kuning sebagai peringatan.

Macam-macam servis dalam permainan bulutangkis 

a.  Service Pendek (Short Service)


Servis pendek bulutangkis
Gambar via : masterbadminton

Servis pendek merupakan teknik servis dengan cara menerbangkan shuttlecock sedekat mungkin di atas. Servis ini bertujuan agar shuttlecock mendarat tepat di depan area servis pemain lawan.

Servis pendek hanya memerlukan sedikit tenaga, seolah-olah shuttlecock cukup dengan didorong saja menggunakan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama, sedangkan gerak pergelangan tangan hanya dipakai untuk menentukan arah saja.

Servis ini dapat dilakukan dengan forehand dan backhand. Yang menjadi catatan sebelum melakukan servis ini yaitu saat shuttlecock dipegang, ketinggian shuttlecock tidak melebihi 115 cm dari permukaan lapangan agar tidak dinyatakan pelanggaran oleh wasit.

b. Flick service


Servis flick bulutangkis
Gambar via : bgbadminton


Servis flick atau populer dengan nama servis pendek tipuan adalah teknik servis yang digunakan untuk mengelabui pemain lawan. Gampangannya, servis flick adalah servis yang menggunakan metode servis pendek, tetapi pada eksekusinya menggunakan servis tinggi.

Gerakan awal flick service sama seperti pada service pendek. Hanya saja shuttlecock dijentik dengan pergelangan tangan ke atas sehingga melewati lawan dan jatuh di garis service belakang (long service line). Servis ini sangat menguntungkan dalam permainan ganda karena biasanya pemain lawan menyerobot shuttlecock ke depan.

Flick service, seperti halnya service pendek juga memerlukan kekuatan atau tenaga pergelangan tangan. Hasil flick service tergantung pada gerakan pergelangan tangan yang cepat, pendek dan bersifat tiba-tiba.

Kebanyakan servis flick dilakukan dengan backhand, hal ini bertujuan agar lawan kesulitan dalam menebak servis yang digunakan, apakah servis rendah atau servis flick.

Namun, servis flick jangan dilakukan terlalu sering, hal ini akan mudah ditebak lawan. Jika lawan berhasil menebak servis flick, lawan tak segan-segan untuk men-smash. Selain itu, servis flick juga dapat berisiko pelanggaran disaat shuttlecock terangkat terlalu tinggi sebelum dipukul.

c. Service Tinggi (Lob Service)


Servis tinggi bulutangkis
Gambar via : walpapaperhd99

Lob service atau servis tinggi merupakan kebalikan dari servis pendek, dimana shuttlecock akan dipukul kuat supaya terbang setinggi mungkin dan jatuh di area belakang servis lawan.

Lob servis biasanya digunakan dalam permainan tunggal, karena area servisnya memanjang ke belakang. Sedangkan dalam permainan ganda, servis lob sangat merugikan jika digunakan, alasanya karena area servisnya melebar ke samping.

Lob servis akan menggunakan pukulan forehand, maka hasil servis akan sulit untuk disamarkan dan lawan akan mudah menebak bahwa shuttlecock akan jatuh ke belakang. Meskipun demikian, kelebihan dari lob servis yaitu jarang dianggap foul atau pelanggaran oleh wasit.

Caranya melakukannya yaitu :
  • Pasanglah kaki kiri di depan dan kanan di belakang agak lebar
  • Ayunkan lengan dari belakang ke depan dengan disertai penerusan keras sehingga pada akhir gerakan dari seluruh pukulan, raket berada di atas badan.
  • Jadi ayunan raket beserta perpindahan berat badan dari belakang ke depan harus dilakukan secara optimal.
  • Sementara itu, Anda Segera menurunkan tangan kiri kembali sesaat shuttlecock terlepas dari tangan.
d. Drive Service


Servis drive bulutangkis
Gambar via : badminton-information

Servis drive adalah sejenis teknik servis yang memukul dan mengarahkan shuttlecock langsung kepada lawan menggunakan forehand. Servis ini akan sangat efektif digunakan saat lawan sedang lengah, sehingga dapat mendapatkan poin dengan mudah.

Pada saat akan melakukan servis drive persiapan yang dilakukan yaitu :
  • Berdiri agak di belakang dan agak jauh dari garis tengah.
  • Pukullah shuttlecock sejauh-jauhnya dari samping badan supaya lengan dapat bergerak dengan leluasa.
  • Walaupun lawan telah siap menantikannya, tetap tidak mudah bagi lawan mengembalikan shuttlecock apabila drive service dilakukan dengan tepat dan sempurna.
  • Pukulan drive service tidak mengutamakan kecepatan laju shuttlecock, melainkan kedataran terbangnya (seperti dalam pukulan drive shuttlecock dipukul rendah hampir menyentuh net) dan arah lajunya shuttlecock.
Apabila melakukan service dari bagian kiri lapangan, pukullah shuttlecock ke arah forehand lawan, pukullah shuttlecock sedatar mungkin. Yang harus diperhatikan pengembalian/babatan lawan dengan dropshot.

Drive service banyak digunakan dalam permainan ganda oleh pasangan yang bermain dengan cara berdampingan. Pukulan drive ini pada permainan tunggal sering dilakukan agar bermain lebih tajam atau bila berhadapan dengan lawan yang sukar melayaninya.

Meskipun menguntungkan, servis drive akan sangat berisiko saat pukulan yang tidak sempurna dan lawan pun dalam posisi siap. Lawan tak segan-segan mengembalikannya dengan pukulan smash keras. Selain itu, jika servisnya tidak benar ada kemungkinan juga bahwa servis drive akan dianggap foul.

Tips melakukan servis dalam permainan bulutangkis 

Saat melakukan servis yang dinyatakan pelanggaran akan merugikan, karena poin dan bola berpindah ke lawan. Nah, di bawah ini ada tips dalam melakukan servis, cermati ulasan berikut :

1. Amati posisi lawan

Dengan mengamati posisi lawan, Anda dapat memprediksi apa yang akan dilakukan lawan jika diberi servis tertentu. Tapi ingat jangan terlalu lama ya. Cari juga posisi yang sulit tercecer lawan, sehingga kesulitan untuk mengembalikan shuttlecock.

2. Menggunakan jenis servis yang beragam

Jika Anda menggunakan servis yang sejenis, hal ini akan membuat servis mudah diprediksi oleh lawan. Sehingga mudah dikembalikan. Usahakan gunakan servis yang beragam supaya lawan susah dalam memprediksi. Misalnya melakukan servis flick dalam permainan ganda.

3. Samarkan servis

Saat melakukan servis pastikan pukulan Anda tidak berubah sampai shuttlecock terpukul. Hal ini akan membuat servis tersamarkan dan akan dapat dibaca lawan di akhir sebelum shuttlecock jatuh.

Itulah macam-macam servis dalam permainan bulutangkis 

Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dalam memahami materi macam-macam servis dalam permainan bulutangkis. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Servis dalam Bulutangkis (Gambar & Penjelasan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel