Contoh Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus (singkat & terbaru)

Contoh pidato sambutan hari kemerdekaan 17 Agustus, pidato kemerdekaan yang singkat, terbaru, dan mudah dihafal

Pidato kemerdekaan merupakan pidato yang khusus disampaikan pada momen-momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Pidato kemerdekaan biasanya berisi mengenai pesan-pesan semangat atas kemerdekaan bangsa Indonesia saat ini.

Namun, dalam beberapa situasi dan waktu, pidato kemerdekaan sesali berbeda walaupun esensi atau hakikat yang sama. Hal ini disesuaikan dengan peserta atau audiens dalam acara tersebut.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus (singkat & terbaru)
Gambar via : lampost.co

Pidato hari kemerdekaan 17 Agustus (singkat dan terbaru)


Pidato kemerdekaan sangatlah sakral karena harus mewakili doa dan harapan seluruh rakyat Indonesia. Nah, di bawah ini akan diberikan contoh dan inspirasi sambutan dalam rangka hari kemerdekaan.

Contoh pidato kemerdekaan


Saudara-saudara sekalian yang kami hormati,
Assalamualikum Wr.Wb

Pada kesempatan pagi yang cerah ini marilah kita bersama-sama sejenak memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yany Maha Esa atas nikmat yang diberikan kepada kita semua. Sehingga sampai dengan detik ini kita masih diperkenankan berkumpul bersama dalam rangka upacara peringatan HUT Republik Indonesia tercinta ini.

Marilah pada hari yang baik ini pula kita kenang dan renungkan perjuanagan para pahlawan kita yangtelah rela berkorban mempertaruhkan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan kita ini dari tangan penjajah.

Marilah kita berdoa semoga para pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan senantiasa mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan darma bakti perjuangannya di masa hidup.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Sungguh merupakan jasa yang tiada ternilai dan tak dapat diukur oleh apapun juga. Berkat para pejuang yang gugur di medan tempur inilah kita bisa menghirup udara kebebasan, bebas dari belenggu penderitaan dan penindasan.

Karena itulah, wahai pemuda-pemudi generasi penerus cita-cita perjuangan dari para pahlawan yang telah mendahului kita, bersatulah dalam cita dan karsa untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan buktikan kepada para pahlawan bahwa apa yang pernah mereka berikan kepada kita yakni sebuah kemerdekaan tidak akan kita sia-siakan.

Kemerdekaan yang direbut dengan susah payah dan sampai mengorbankan jiwanya harus diisi dengan pembangunan baik fisik, mental maupun spiritual. Sebab pembangunan fisik saja tiada gunanya bila tidak dibarengi dengan pembangunan mental dan spirituil. Apa jadinya negara ini bila kita sebagai generasi penerus mempunyai mental yang lemah dan cengeng tidak kuat menghadapi tantangan.

Merengek-merengek meminta bantuan, hutang sana hutang sini, menggadaikan barang miliknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa sedikitpun mau berusaha secara mandiri.
Sayang sekali saudara-saudara sekalian. Kalau terjadi seperti itu, kita sebagai generasi penerus telah mengkhianati cita-cita perjuangan para pahlawan dan tidak menghargai jasa-jasanya.

Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-jasa para pejuang bangsa. Camkanlah kata-kata ini dalam hati sanubari kalian. Supaya kelak dalam mengisi kemerdekaan ini selalu ingat akan pengorbanan para pahlawan.

Oleh sebab itu saudara-saudara sekalian, di kesempatan yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan R.I. marilah kita berikan sumbangsih yang nyata demi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara sehingga cita-cita negara mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dapat segera terwujud.

Percayalah bahwa hanya bangsa yang bisa henghargai jasa para pahlawannya yang akan menjadi bangsa vang besar.

Dirgahayu Indonesia..
Dirgahayu Bangsa Indonesia !!!
Selamat berjuang...
Selamat mengisi kemerdekaan !!!
Semoga jerih payah saudara-saudara demi nusa dan bangsa mendapat balasan dari TuhanYang Maha Kasih..!!!
MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA !!!
Sekali merdeka tetap MERDEKA !!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah contoh pidato kemerdekaan 

Semoga dengan contoh di atas, sobat dapat terbayang-bayang betapa pedihnya para pahlawan dalam memerdekakan bangsa ini. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan sebuah tindakan yang positif dan berjiwa nasionalis.
Teruslah semangat, sekian dan terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus (singkat & terbaru)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel