Susunan Acara (Teks MC) Pengajian : Halal Bihalal & Maulid Nabi

Susunan acara (teks MC) pengajian-Acara pengajian umumnya juga menggunakan susunan acara dengan tujuan acara pengajian tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Pengajian tidak hanya sebatas penyambutan saja, melainkan ada tahapannya sebelum ke acara ceramah (maudhatul hasanah). Pembawa acara atau MC (master of ceremony) juga akan memandu dan membawakan acara pengajian.

Susunan Acara (Teks MC) Pengajian : Halal Bihalal & Maulid Nabi

Susunan Acara (teks MC) pengajian akbar & rutinan : Malal Bihalal, Isra Mi'raj & Maulid Mabi


Bagi Anda yang masih bingung mengenai seperti apa susunan acara pengajian, disini kami akan memberikan contoh susunan acara pengajian. Seperti apa contohnya, yuk simak ulasan si bawah ini!

1. Susunan acara pengajian : Peringatan Maulid Nabi

Bapak dan ibu yang kami hormati, serta hadirin yang kami muliakan,

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Pada waktu dan kesempatan yang berbahagia, pertama dan yang paling diutamakan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata'ala yang dengan kebesaran-Nya telah melimpahkan berkah dan rahmat kepada kita yang hingga sampai detik ini masih diberi kesempatan memperingati hari lahir junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shololahu Alaihi Wassalam.

Puji dan puja juga kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shollalahu Alaihi alam, yang telah banyak sekali memberi suri tauladan kepada kita dalam menempuh kehidupan di dunia ini dengan iman dan tawakal kepada Allah subhanahu wata'ala.
Hadirin yang kami muliakan, seperti telah kita ketahui bersama, bahwa junjungan kita Nabi Besar muhammad Shololahu Alaihi Wassalam dilahirkan didunia ini dengan tujuan memperbaiki akhlak manusia yang telah rusak di dunia fana ini.
Baca juga : Contoh Naskah Pidato Hari Besar Islam - Singkat Dan Terbaru
Sebagai umat islam tentunya kita wajib bersyukur, karena dengan kedatangan Rosulullah ini manusia ini manusia menjadi sadar terhadap kekuasaan Allah Subhanahu wata'aala. Dengan demikian umat islam insya Allah tidak mudah terseret kejalan yang salah namun sebaliknya insya Allah akan selalu mendapat petunjuk jalan yang benar dalam memperoleh keridhoan dari Allah Subhanahu Wata'aala.

Hadirin yang kami muliakan, dalam upaya memelihara inan dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah, maka pada hari ini tepat bersamman dengan kelahiran Nabi Besar muhammad SAW ini peringatan Maulud Nabi kita selenggarakan dengan menyelengarakan pengajian umum tenteng Maulud Nabi dengan tema "Tingkatkan Iman dan Taqwa dalam menyongsong hari esok yang lebih baik berdasarkan ajaran Nabi Muhammad SAW".

Untuk itu kami bacakan susunan acara selengkapnya pada malam ini sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Gema Wahyu illahi
3. Pembacaan sholawat nabi
4. Sambutan ketua panitia
5. Sambutan Bapak Lurah sebagai pelindung
6. Ceramah agama
7. Doa bersama
8. Penutup

Demikianlah hadirin yang kami muliakan rangkaian acara pada malam ini. Untuk menyingkat waktu marilah kita langsung saja mengikuti acara berikutnya yakni pembacaan gema wahyu illahi. Untuk itu yang kami hormati adik kita Ahmad fauzi kami persilakan!
  • Pembacaan ayat suci Al-qur'an.
Demikianklah pembacan ayat suci Al-qur'an tadi. Semoga gema dan isinya dapat meresap ke dalam hti sanubari kita semua sehinggakita memperokeh mamfaat dari gema wahyu illahi tadi. Juga bermanfaat bagi penbacanya.
Baca juga : Contoh Kata Sambutan Pada Acara Pengajian-Singkat Dan Terbaru
Hadirin yang kami muliakan, kita jelang cara berikutnya yakni pembacan salam dan sholawat nabi, untuk itu hadirin kami mohon bersama-sama ikut serta mendengungkan dan mengagungkan salam dan solawat nabi Besar Muhammad Shollallahu Allaihi Wassalam. Untuk itu kami persilakan Bapak Haji Tarmizi kami persilakan.
  • Pembacaan salam dan solawat Nabi.
Hadirin yang kami muliakan. Marilah kita ikut acara sambutan, yang dalam hal ini kami berikan kesempatan kepada yang terhormat Bapak Asnan nawawi selaku ketua panitia. Yang terhormat Bapak Asnan Nawawi kami persilakan.
  • Sambutan Bapak Lurah
Teimakasih bapak lurah yang kami cintai yang telah bersedia memberikan sambutan pada acara pada malam kali ini.

Hadirin yang kami muliakan tibalah kini kita pada acara inti Maulud Nabi, yaitu ceramah tunggal maulud nabi yang disampaukan oleh Bapak Kyai Haji Mas'ud dengan tema "Tingkatkan Iman dan Taqwa dalam menyongsong hari esok yang lebih baik berdasarkan pada ajaran Nabi Muhammad SAW" .

Untuk itu kami persilakan saja saja bapak Kyai Haji Mas'ud. Yang terhormat Bapak Kyai haji Mas'ud kami persilakan !
  • Ceramah agama
Demikianlah hadirin yang kami muliakan, ceramah agama yang abaru usai. Semoga semuanya itu benar-benar bermanfaat bagi kita, semoga Allah memberikan kekuatan lahir dan batin untuk mengerja- kan hal yang baik, dan diberikan pula kekuatan untuk tidak mengerjakan hal-hal yang tidak baik, Amin.
Baca juga : Contoh Kata Sambutan Panitia Berbagai Acara-Terbaru, Baik & Benar
Hadirin yang terhormat, sampailah kita pada penghujung acara. Sebagai penutup marilah kita bersama-sama ikut dalam doa, mohon keridlaan Allah, semoga apa yang apa kita inginkan dapat dikabulkan di atas ridla Allah Subhanahu Wata'alla.

Untuk itu kai mohon sekali lagi kepada bapak Kyai Haji Mas'ud untuk memimpin acara do'a bersama. Yang terhormat Bapak Kyai haji Mas'ud kami persilakan!
  • Doa bersama
Hadirin yang kami muliakan selesailah sudah seluruk rangkaian acara malam ini, Atas nama panitiapenyelenggara sekali lagi kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian malam ini. Demikian juga tak lupa kami mohon maaf atas segala kekurangan atau kesalahan.

Akhirul kata wassalamu'alaikum Wr. Wb.


2. Susunan acara pengajian : Halal Bihalal

Bapak-bapak dan ibu-ibu yang kami muliakan. Hadirin yang kami hormati,

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh,

Pada kesempatan yang berbahagia ini pertama- tama marilah kita mengucapkan puji syukur dean rahmat Tuhan Allah subhaanahu Wata'aala, yang untuk kesekian kalinya hingga detik ini kita masih dalam lindungann-Nya.

Sholawat dan salam senantiasa kita panjatkah kepada Baginda Nabi Besar Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam junjungan kita yang telah membimbing kita kearah jalan yang benar, hingga sampai dengan detik ini kita masih dalam keadaan tawakal kepada Allah Subhana wata'aala.

Hadirin yang kami muliakan, seperti telah kita ketahui bersama bahwa umat islam baru saja menyelesaikan kewajiban ibadah rukun islam yang keempat, yakni puasa ramandhan dengan ditandai sekaligus merayakan hari Raya Idul Fitri. Sebagai manusia biasa yang tentunya tidak pernah luput dari kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Menyadari akan segala kesalahan dan segala keterbatasan kita ini maka pada kesempatan hari yang berbahagia ini kita bisa berkumpui dalam rangka silaturrahmi sekaligus berhalal bihalal, saling memberi maaf dan minta maaf.
Mengingat sifat manusia yang pelupa maka pada acara halal bihalal ini akan kami sampaikan ceramah agama yang akan disampaikan oleh bapak Kyai Haji Zainudin.

Adapun susunan acara selengkapnya akan kami bacakan sebagai berikut :
1. Pembacaan kalam Illahi
2. Sambutan ketua panitia
3. Ceramah
4. Halalbihalal
5. Doa
6. Penutup

Demikian susunan acara halal bihalal kali ini. Baiklah, untuk lebih menyingkat waktu kita mulai saja acara selanjutnya dengan dengan pembacaan kalam illahi yang akan digemakan oleh adik kita tercinta Fauzan, Selanjutnya disusun dengan sambutan dari ketua panitia yang dibawakan oleh bapak Haji Muhammad Darussalam. Untuk itu yang kami sayangi adik Fauzan kami persilakan.
  • Pembacaan kalam illahi
Terimakasih adik fauzan. Demikianlah hadirin dikumandangkan gema wahyu ilahi, pembacaan ayat sici Al-qur'an. Semoga ayat tadi dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya juga bermanfaat bagi pembacanya.

Hadirin yang kami muliakan, berikutnya akan segera kita ikuti bersama acara sambutan disampaikan langsung oleh bapak Haji Muhammad akan yang Darussalam selaku ketua panitia. Untuk itu yang terhormat Bapak Haji Muhammad Darussalam kami persilakan !
  • Sambutan bapak ketua Panitia
Demikian sambutan ketua panitia, terimakasih kepada Bapak Haji Muhammad Darussalam atas kesediaannya membarikan sambutan. Hadirin yang kami muliakan setelah kita mendengarkan sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia Bapak Haji Muhammad Darussalam, selanjutnya kita dengarkan bersama ceramah agama yang akan disampaikan oleh bapak Kyai Haji Zainudin.

Ceramah kali ini mengambil tema "Pentingnya sikap saling hormat-menghormati dan rasa saling mengasihi kepada sesamanya". Untuk itu kepada yang terhormat Bapak Kyai Zainudin kami persilakan !
  • Ceramah agama
Demikianlah para undangan yang kami muliakan, telah kita dengarkan bersama ceramah agama oleh Bapak Kyai Haji Zainudin. Semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk tidak mengerjakan larangan-Nya. Semoga ceramah ini membawa berkah kepada kita semua.

Selanjutnya hadirin yang kami hormati, sekarang tibalah kita menginjak pada acara Halal bihallal, agar lebih tertib untuk itu kami persilakan hadirin berdiri sejenak berderet ditempat yang telah disediakan, selanjutnya kami persilakan untuk saling berjabat tangan. Kami persilakan !

Sementara itu para tamu saling bersalaman. Panitia bisa menyediakan musik-musik yang sesuai dengan suasana sebagai ilusrtasi.
Hadirin kami muliakan, setelah kita saling yang maaf-memaafkan, kami persilakan hadirin duduk kembali karena acara ini akan kita tutup dengan doa bersama. Untuk itu kami persilakan Bapak Haji Akhmad Gozali memimpinnya. Kami persilakan Bapah Haji Ahmad Gozali yang terhormat !
  • Doa bersama
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, selesailah sudah keseluruhan rangkaian acara halal bihalal kali ini. Tak lupa kamisegenap atas nama panitia mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan serta kami mengucapkan terima kasih atas perhatian hadirin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

3. Susunan acara pengajian : Peringatan Isra Mi'raj

Bapak-bapak, ibu-ibu yang kami muliakan, Hadirin yang kami hormati,

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakaatuh

Pertama dan yang paling diutamakan, marilah kita panjatkan puji syukut kehadirat Allah subhanahu wata'aala atas berkah dan rahmah serta perlindungan-Nya kepada kita, sehingga sampai detik ini masih dikaruniakan kenikmatan lahir batin, sehingga pada malam yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dalam memperingati hari yang penuh makna bersejarah bagi umat islam diseluruh dunia, yakni Isro' dan Mi'roj".

Tak luput juga marilah kita panjatkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad sholallahu Alaihi Wassalam yang telah memberikan suri tauladan kepada kita, sehingga kita masih digolongkan sebagai umat yang beriman dan bertawakal.

Hadirin yang kami muliakan, kami atas nama panitia penyelenggara' menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian hadirin yang denga sabar dan ikhlas sudi menghadiri undangan kami guna bersama-sama memperingati Isro'Mi'roj Nabi Besar Muhammad Sholalahu Alaihi Wassalam.

Kita sebagai umat islam yang meyakini kebanaran yang dikandung dari Al-qur'an, tentu kita menyadari bahwa betapa pentingnya arti dan makna serta manfaat Isra' Mi'roj bagi kehidupan kita sehari-hari khususnya, dan kehidupan berbangsa dan bernegara pada umumnya. Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa itulah maka kita berkumpul pada malam ini.

Untuk itu telah kami persiapkan bebrapa acara pada malam ini, adapun susunan rangkaian acara tersebut antara lain:
1. Pembacaan Gema Wahyu Illahi
2. Sambutan Ketua Panitia
3. Sambutan Bapak Lurah selaku pelindung
4. Ceramah Agama oleh Bapak Haji Imam Syafi'i, dan dilanjutkan dengan doa
5. Penutup

Demikian hadirin beberapa rangkaian susunan acara peringatan Isro' Mi'roj malam ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu, kita mulai dengan acara pertama, yakni pembacaan ayat suci al-qur'an yang dibacakan oleh saudara Taifik. Untuk itu saudara Taufuk kami persilakan !
  • Pembacaan ayat suci al-qur'an
Demikian hadirin yang kami muliakan pembacaan ayat suci Al-qur'an yang dibacakan saudara Taufik, semoga dengan ayat-ayat tadi kita mendapat petunjuk hidup baru di jalan yang diridhoi Allah subhanahu wata'aala.
Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya yakni sambutan-sambutan.

Pada kesempatan ini, sambutan pertama akan akan disampaikan oleh Bapak Kyai Haji Fadholi, yang dalam hal ini selaku Ketua Panitia penyelenggara. Untuk itu yang terhormat Bapak Haji Fadholi kami persilakan!
  • Sambutan ketua panitia
Terimakasih Bapak Haji Fadholi atas sambutan yang bapak sampaikan kepada kami, semoga amal bapak diterima oleh Allah subhanahu Wata'aala.

Hadirin yang kami muliakan, seperti telah kita ketahui bersama bahwa Isro' Mi'roj ini kita peringati dengan berbagai kegiatan amal sebelumnya. Diantaranya bakti sosial ke panti-panti anak asuhan anak yatim piatu, kerja bakti, dan berbagai lomba keagamaan. Alhamdulillah seluruh kegiatan hingga malam ini dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya. Kesemuanya itu tidak terlepas dari peranan dan jasa bapak lurah selaku pelindung dalam kegiatan ini.

Untuk itu kiranya tepat jika malam ini kami persilakan Bapak Lurah membarikan sepatah dua patah kata sambutan, Yang terhormat Bapak Lurah kami persilakan !
  • Sambutan Bapak Lurah
Terimakasih Bapak Lurah yang kami hormati. Hadirin yang kami muliakan, tibalah kini kita menginjak acara berikutnya yang kita nanti-nantikan bersama-sama, yaitu ceramah agama tentang Isro Mi'roj yang akan disampaikan oleh bapak Haji Imam Syafi'i dengan tema Peran al-qur'an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara".

Hadirin yang kami muliakan, selamat mendengarkan dan untuk yang terhormat Bapak Haji Imam Syafi'i kami persilakan !
  • Ceramah agama oleh Bapak Imam
Hadirin yang kami muliakan, demikianlah tadi ceramah agama telah kita ikutut bersama. Besar harapan ceramah tadi dapat bermanfaat bagi kita sekalian yang mendengarkannya, semoga petuah-petuah tadi dapat kita terapkan dalam hidup kitasehari-hari, Amin.

Selanjutnya marilah kita ikut acara doa bersama, semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah subhanahu wata'ala untuk menjalankan tugas hidup sehari-hari. Untuk itu yang terhormat Bapak Haji Imam Syafi'i, sekali lagi kami mohon kesediaannya untuk memimpin doa. Kami persilakan!
  • Penutup
Demikianlah hadirin selesai sudah seluruh rangkaian acara malam Isro' Mi'roj. Atas nama panitia penyelenggara sekali lagi kami menyampaikan terimakasih atas perhatiannya dan segenap atas nama panitia pula kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada suatu hal yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan acara malam ini.

Akhirul kalam, Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh dari susunan acara pengajian, seperti pengajian peringatan maulid nabi, isra mi,raj, dan halal bihalal. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat sebagai referensi mengenai susunan acara pengajian. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Susunan Acara (Teks MC) Pengajian : Halal Bihalal & Maulid Nabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel