Wawasan Nusantara Adalah? Pengertian, Hakikat, Asas & Tujuan

Wawasan nusantara, bagi sobat yang masih bingung terkait masalah materi ini, di bawah ini akan dibahas mengenai pengertian, hakikat, asas, kedudukan, fungsi, dan tujuan dari wawasan nusantara. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan meterinya di bawah ini.

Wawasan Nusantara Adalah? Pengertian, Hakikat, Asas & Tujuan

Wawasan nusantara: pengertian, hakikat, asas, kedudukan, fungsi, dan tujuan

A. Pengertian Wawasan Nusantara

  • Menurut ketetapan MPR (Lemhanas) tahun 1999 :
“Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangasa serta kesatuan wilayah dalam mencapai tujuan nasional”.
  • Secara etimologis (bahasa)
Berasal dari kata “wawasan” dan “nusantara”. Wawasan artinya pandangan, tujuan, penglihatan, tanggap indrawi. Sedangkan Nusantara berasal dari dua kata yaitu “nusa” artinya pulau dan “antara” artinya bagian yang menunjukkan letak antara dua unsur( benua dan samudra).
  • Secara Terminologi (istilah)
Wan Usman menyatakan bahwa, “ Wawasan nusantara adalah cara pandang Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam (kebhinekaan).”

Baca Juga : Hidrokarbon Kelas 11 Kurikulum 2013 - pengertian, tata nama, contoh

Menurut Garis Besar Haluan Negara tahun 1998 “Wawasan nusantara ialah pandangan atau sikap Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Jadi menurut beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa :

“Wawasan nusantara adalah pandangan dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional dalam mencapai tujuan nasional.”

Baca Juga : Pengertian Dan Gerak Dasar Seni Tari Secara Jelas Dan Lengkap


B. Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara yaitu “ Keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nusantara”. Artinya setiap warga negara harus berfikir, bersikap, dan bertindak secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Dengan kata lain hakikat wawasan nusantara adalal “Persatuan bangsa dan kesatuan wilayah”.

Baca Juga : Jenis-Jenis Seni Tari Dengan Fungsi, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

C. Asas Wawasan Nusantara

Asas menurut konsep wwasan nusantara artinya ketentuan atau dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama. Asas wawasan nusantara adalah sebagai berikut :
  • Kepentingan yang sama, artinya tercapainya tujuan dan kesejahteraan serta rasa aman yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Kejujuran, artinya keberanian berfikir, berkata, dan bertindak sesuai dengan realita yang ada.
  • Solidaritas, artinya saling bekerja sama, saling tolong-menolong, dan rela berkorban demi kepentingan bersama.
  • Kerja sama, adanya rasa koordinasi sesama untuk menuju kesejahteraan.
  • Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama, artinya seluruh komponen negara harus menyepakati kesepakatan untuk mendirkan negara Indonesia yang dimulai sejak dicetuskannya Boedi Oetomo (1908), Sumpah Pemuda (1928) dan Proklamasi (1945).

D. Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

  • Kedudukan
“Ajaran wawasan nusantara diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita dan tujuan nasional”.

Baca Juga : Pembagian Zaman Batu Prasejarah Lengkap Dengan Ciri Dan Peninggalannya
  • Fungsi
“Sebagai sebuah pedoman dalam menentukan segala kebijaksanaan bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat/daerah maupun bagi seluruh Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Tujuan
Tujuan wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia sendiri yaitu “Mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia. Dengan terus mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu, kelompok/golongan, suku bangsa/daerah. Kepentingan tersebut tetap dihormati, diakui dan dipenuhi selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional.

Penutup

Itulah ulasan mengenai pengertian, hakikat, asas, kedudukan, fungsi, dan tujuan dari wawasan nusantara. Semoga dapat membantu sehingga sobat lebih mudah memahaminya. Sekian semaoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Wawasan Nusantara Adalah? Pengertian, Hakikat, Asas & Tujuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel