Investasi Akhirat Yang Menjanjikan Untuk Meraih kesuksesan Di Surga

Investasi akhirat, mungkin masih terdengar aneh bagi masyarakat awam. Pasalnya mereka akan bertanya-tanya mengenai, dengan apa kita berinvestasi untuk akhirat kelak? Waktunya investasi pun hanya saat kita hidup di dunia, Bagaimana mungkin?

investasi akhirat

Tenang saja sobat, lewat artikel ini saya akan bagikan cara berinvestasi di akhirat, dijamin ngga bakal rugi dehhh.

Sebelum kita melanjutkan, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu investasi?. Investasi merupakan suatu persiapan yang dilakukan oleh seseorang untuk jangka waktu yang akan datang, yang pastinya seseorang itu memiliki kelebihan, baik harta, modal, ataupun keahlian. Pandangan islam membagi investasi menjadi dua, yaitu investasi dunia dan investasi akhirat.

Investasi dunia, seorang muslim berusaha mempersiapkan kesejahteraan bagi dirinya dan keluarganya dalam jangka waktu kedepan. Investasi dunia biasanya diiwujudkan dengan saham, tabungan, emas, rumah, kendaraan dan harta benda berharga lainnya.

Baca Juga : Penjelasan Waktu Tidur Hailulah, Qailulah, Dan Ailulah Dalam Islam

Namun, berapa pun jumlahnya dan apapun bendanya, investasi dunia yang dimiliki seseorang tidak akan bertahan lama dan abadi. Waktu kepemilikan investasi dunia itu sesuai dengan umur hidup seseorang di dunia, jika kematian menjemput bukan tidak mungkin investasi tadi berubah hak kepemilikan kepada ahli waris dan menjadi harta warisan.

Nah, itu dia sebabnya kita harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang kekal selanjutnya, yaitu di alam akhirat. Maka dari itu kita perlu tahu apa saja yang perlu disiapkan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera di akhirat untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera, yaitu surga.

Investasi akhirat berwujud dari pahala yang berkepanjangan dan terus mengalir saat kita berada akhirat kelak atau bisa disebut dengan “ Shadaqah Jariah “. Bagaimana kita mendapatkan investasi untuk akhirat ketika masih hidup di dunia?

Kembali lagi kita berpegang teguh pada hadist nabi, beliau menjelasakan bahwa investasi akhirat atau shadaqah jariah bisa sobat dapatkan melalui amal yang tidak akan putus walaupun sudah meninggal. Apa saja amalnya, yuk kita simak ulasan mengenai investasi akhirat untuk meraih kehidupan sejahtera di surga :

1. Shadaqah jariah

Jumhur ulama telah menafsirkan bahwa shadaqah jariah yaitu waqaf, yang sama-sama untuk kebaikan.  Shadaqah jariah dilakukan dengan berharap memperoleh ridlo Allah SWT. Hartanya diberikan kepada orang-orang untuk memanfaatkannya, sehingga pahalanya akan terus mengalir selagi harta atau barangnya masih ada.

Contoh dari shadaqah jariah yaitu berupa mewakafkan tanah untuk pembangunan masjid, madrasah, sumur yang digunakan secara umum. Selain itu sobat juga bisa mewakafkan Al-Qur’an dan mendonasikan buku-buku layak baca. Lalu, seperti apa sih kontribusi shadaqah jariah di akhirat kelak?

Misal kita ambil contoh mewakafkan tanah atau harta untuk membangun masjid, dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW menjelaskan yang artinya :

“Barang siapa yang membangun masjid, niscaya Allah SWT akan membangunkan untukya rumah di surga”

Tidak hanya membangun masjid, masih ada banyak amal yang lain supaya mendapatkan kesejahteraan hidup kita di akhirat.

2. Ilmu yang bermanfaat

Suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, bahwa Raasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Barang siapa yang mengajarkan suatu ilmu, maka ia akan mendapatkan pahala dari orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi pahala dari orang yang mengamalkannya sedikitpun”

Dari hadist di atas sangat jelas bahwa orang yang mengamalkan ilmunya dengan men-share kepada sesama, maka orang itu akan mendapatkan pahala selama ilmunya masih diamalkan atau dilakukan. Tak hanya itu, seseorang yang mewakafkan kitab atau buku yang layak baca juga akan mendapatkan balasan yang sama.

Mari kita salurkan ilmu kita agar bermanfaat untuk sesama, tak usah banyak-banyak asalkan bermanfaat. Dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“ Sampaikan dariku, walaupun hanya satu ayat”

Itulah keistimewaan seseorang yang mempunyai ilmu dan mau membagikan kepada sesame agar lebih bermanfaat dan pastinya juga akan mendapatkan balasan dari Allah yang setimpal, amin.

3. Anak yang Sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya

Anak yang sholeh memang menjadi idaman bagi semua orang tua. Tak hanya investasi dunia, investasi akhirat pun akan terpenuhi semunya.

Saat di dunia, orang tua akan merasakan keharmonisan, kepedulian dan tercukupinya kebutuhan untuk menunjang kesejahteraan dari anaknya yang sholeh. Sedangkan di akhirat, orang tua akan merasakan pahala yang tidak terputus sampai hari kiamat melalui lantunan doa yang selalu dipanjatkan untuk kedua orang tuanya yang telah wafat.

Lalu bagaimana agar para orang tua mempunyai seorang anak yang sholeh?

Kunci utama yaitu melalui pendidikan yang diajarkan kepadanya, yang seharusnya menekankan pada pendidikan agama dan ahlaq yang baik. Jika seperti itu, maka akan menjadi investasi dunia dan akhirat yang menguntungkan dan menjadi penyelamat kedua orang tuanya di akhirat. Sebaliknya jika anak tidak dididik dengan benar akan menjadi anak yang durhaka.

Itulah cara mendapatkan investasi akhirat agar hidup sejahtera di surga. Meskipun demikian sobat harus terus beribadah secara rajin dan melaksanakannya dengan ikhlas untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari sinilah terbukti, bahwa kematian bukan akhir dari investasi. Seseorang akan lebih untung, sukses, sejahtera dan selamat jika menginvestasikan hartanya untuk hal-hal di atas. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.





Belum ada Komentar untuk "Investasi Akhirat Yang Menjanjikan Untuk Meraih kesuksesan Di Surga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel