Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total dan Korslet

HP jatuh ke dalam air seringkali membuat Anda cemas, jika hp kesayangan Anda terkena air mungkin tidak bisa dioperasikan lagi seperti biasa. Hal ini akan menyebabkan mati total atau hanya bisa diperbaiki di konter hp. Namun tenang saja karena ada cara mengatasi hp terkena air yang mudah dilakukan.
hp terkena air

Jatuhnya hp kedalam air akan menyebabkan hp mati total jika ditangani dengan cara yang salah. Air dan barang elektronik (hp) bagaikan dua musuh bebuyutan yang tidak pernah cocok. Air dapat merusak perangkat barang elektronik (hp) secara instan.
Hal di atas tidak berlaku pada handphone yang memiliki sertifikat “water resistant” atau anti air. Meskipun jatuh ke dalam air, ponsel tidak akan mati dan masih dapat digunakan seperti biasa.

Meskipun masih ada harapan untuk hp Anda bisa diselamatkan, namun harus dengan penanganan yang tepat. Contohnya seperti jangan terlalu banyak digerakan dan jangan langsung segera dinyalakan, dan lainnya.

Baca Juga : 9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP

Apabila jenis hp Anda tidak bersertifikat water resistant, maka terdapat 3 kemungkinan yang terjadi saat hp Anda jatuh atau terkena air :

• Dapat menyala namun kondisinya tidak normal
• Blank (hp menyala namun layar berwarna putih)
• Mati total

Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total dan Korslet 

Untuk mencegah kemungkinan di atas, kami berikan beberapa cara agar hp yang terkena air dapat segera ditangani secara cepat dan tepat sebelum mengalami kerusakan yang cukup parah. Berikut ini cara mengatasi hp yang terkena air :

1. Matikan Ponsel Anda 

Dengan rasa yang panik dan cemas, Anda mungkin langsung mengecek kondisi ponsel tersebut untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak. Namun, hal ini sangat merugukan bagi Anda, air memiliki sifat bertolak belakang dengan ponsel yang akan membuat ponsel mengalami kerusakan yang besar saat Anda menghidupkan ponsel.

Jadi Anda disarankan untuk mematikan ponsel langsung saat sesudah terjatuh atau terkena air untuk menghindari kerugin yang lebih besar.

2. Keringkan Bagian Luar HP (LCD) 

Setelah ponsel Anda dimatikan, selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengeringkan komponen luar ponsel, khususnya pada LCD. Hal ini dikarenakan karena LCD berisi filament lunak yang tidak tahan terhadap kelembaban air, jadi kalau ponsel terkena air dan tidak langsung ditangani, maka LCD akan rusak.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Baterai HP Ngedrop Dengan Kalibrasi

Anda harus melakukan langkah ini secara perlahan, dan perlu diingat Anda jangan terlalu sering menggerakan ponsel. Semakin sering ponsel Anda digerakan kemungkinan besar air akan masuk lebih dalam bahkan bisa ke komponen-komponen dalam ponsel. Sehingga dapat menambah kerusakan ponsel

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Jika bagian luar ponsel telah selesai, selanjutnya Anda harus melepas komponen-komponen bagian dalam. Jika Anda sudah berpengalaman dalam urusan ponsel, lepaslah baterai, sim card, dan memory card sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat korslet setelah ponsel terkena air.

Kemudian letakan komponen-komponen tadi di atas kain yang kering. Ingat, jika Anda belum berpengalaman Anda bisa melakukan hal yang sederhana yaitu dengan meletakan ponsel Anda dan ponselnya jangan terlalu banyak digerakan, langkah ini untuk menghindari air menyebar keseluruh komponen ponsel.


4. Jangan Meniup HP 

Jangan meniup ponsel Anda setelah terkena air, karena jika ponsel ditiup air akan masuk hingga bagian dalam ponsel. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot air keluar dari dalam ponsel.

5. Keringkan HP 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda harus mengeringkan ponsel sebelum digunakan kembali. Hal yang perlu diingat keadaan ponsel harus benar-benar kering.

Baca Juga : 6 Kerugian Menggunakan SD Card di Android, Smartphone jadi lemot?

Terdapat beberapa metode untuk mengeringkan ponsel. Salah satunya dengan menggunakan alat atau bahan yang sederhana dan mudah didapat yaitu beras. Beras dapat menyerap kelembaban dari air yang terdapat di dalam ponsel Anda.

Caranya mudah, Anda hanya cukup meletakan selama 2-3 hari didalam beras. Atau Anda juga bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan ponsel anda yang telah terkena air.

6. Hidupkan HP


Setelah 2-3 hari ponsel diletakan di dalam beras, selanjutnya hidupkan ponsel, apakah masih dapat digunakan atau sudah tidak bisa menyala lagi.

 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ponsel Terkena Air 
  • Jangan men-charger atau menyambungkan ponsel Anda ke tenaga listrik
  • Jangan terlalu sering menggerakan ponsel, hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran air ke dalam komponen bagian dalam ponsel yang dapat memperparah kerusakan ponsel.
  • Tidak dianjurkan menggunakan hairdryer, oven atau barang sejenisnya untuk mengeringkan air yang terdapat dalam ponsel. Suhu panas yang dihasilkan akan merusak ponsel.
  • Tidak menekan tombol apapun selain tombol off (untuk mematikan daya setelah ponsel terkena air), jika Anda menekan tombol yang lain kemungkinan besar air akan semakin masuk kedalam.
Itulah ulasan mengenai cara mengatasi hp terkena air, cara ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan hp. Sehingga pengeluaran biaya untuk servis lebih minim, dan perlu Anda ketahui jika sudah tidak sanggup menanganinya sendiri, ada baiknya dibawa ke konter untuk proses perbaikan yang lebih optimal. Sekian dan……. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total dan Korslet "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel