Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Penjelasannya

 

Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Penjelasannya
Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Penjelasannya

Bangmaul.com - Sel hewan dan sel tumbuhan adalah dua pilar penting dalam kehidupan organisme. Mereka memiliki peranan krusial dalam menjalankan fungsi-fungsi vital yang memungkinkan makhluk hidup berkembang dan bertahan hidup.


Sel pertama kali ditemukan pada abad ke-17 oleh seorang ilmuwan bernama Robert Hooke. Pada tahun 1665, Hooke menggunakan mikroskop cahaya untuk mengamati seutas jaringan tanaman dan mengamati struktur berongga yang terlihat seperti ruangan-ruangan kecil yang disebut "sel". Ia memberi nama "sel" berdasarkan kesamaan struktur tersebut dengan sel-sel kecil di dalam sel penjara biara.


Penemuan Hooke ini menjadi tonggak sejarah dalam biologi sel dan membuka jalan untuk pemahaman lebih lanjut tentang struktur dan fungsi sel.


Sel hewan dan sel tumbuhan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh hewan dan tumbuhan. Kedua jenis sel ini memiliki struktur dan fungsi yang serupa, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan yang mendasar diantara keduanya.


Sel hewan dan sel tumbuhan merupakan dasar pemahaman biologi secara umum. Dengan mempelajari persamaan ini, kita dapat memahami prinsip-prinsip dasar tentang struktur dan fungsi sel. Ini penting untuk memahami bagaimana kehidupan berkembang dan beroperasi di tingkat seluler.


Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dalam hal struktur dan fungsi mereka.


Persamaan Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Berikut ini adalah beberapa persamaan anara sel hewan dan sel tumbuhan yang perlu kamu ketahui:


1. Membran Plasma


Baik sel hewan maupun sel tumbuhan memiliki lapisan pelindung yang dikenal sebagai membran plasma. Membran plasma ini merupakan bungkus tipis yang mengelilingi sel dan berfungsi sebagai penjaga pintu gerbang.


Selain melindungi organel-organel di dalam sel, membran plasma juga bertanggung jawab dalam mengatur pertukaran zat-zat penting antara sel dan lingkungannya.


Sama seperti penjaga gerbang yang menjaga siapa yang boleh masuk dan keluar, membran plasma mengendalikan apa yang dapat masuk dan keluar dari sel.


2. Organel


Tidak hanya manusia yang memiliki organ-organ penting, sel hewan dan sel tumbuhan juga memiliki organel-organel yang sangat penting dalam menjalankan berbagai fungsi seluler.


Keduanya memiliki nukleus, mitokondria, dan sejumlah organel lainnya yang bekerja sama seperti orkestra harmonis. Nukleus adalah pusat kontrol sel, tempat di mana informasi genetik disimpan dalam bentuk DNA.


Mitokondria adalah pembangkit energi sel yang bertanggung jawab atas produksi energi yang diperlukan untuk menjalankan berbagai proses seluler.


Simak juga 3 jenis keragaman fauna di Indonesia berdasarkan wilayah dan 4 fungsi vakuola, pengertian, dan struktur pada sel tumbuhan.


3. Sitoplasma


Sekarang, bayangkan sel sebagai sebuah kue donat. Sitoplasma adalah adonan yang mengisi bagian dalam donat tersebut. Dalam hal ini, sitoplasma adalah zat seperti jeli yang mengisi sel dari membran plasma hingga nukleus.


Ini adalah medium di mana organel-organel berada dan berinteraksi satu sama lain. Sitoplasma juga mengangkut zat-zat penting, seperti nutrisi ke seluruh sel.


4. Nukleus


Sama seperti kita memiliki otak sebagai pusat kendali dan kreativitas, sel hewan dan sel tumbuhan memiliki nukleus sebagai pusat kendali genetik. Nukleus adalah struktur yang terlihat dengan jelas di bawah mikroskop cahaya.


Nukleus mengandung materi genetik yang disebut kromatin yang terdiri dari benang DNA yang tersusun longgar. Nukleus juga mengandung nukleolus, yang menghasilkan benang protein, DNA, dan RNA yang penting untuk sintesis protein.


Itulah beberapa persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang perlu kamu ketahui dan harapannya, dengan dibuatnya artikel informatif ini bisa menambah wawasan pembaca seputar biologi hewan dan tumbuhan.


Sekian artikel seputar sel hewan dan sel tumbuhan ini dan terima kasih telah menyimak artikel edukatif ini hingga tuntas, sampai jumpa di artikel lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel