Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)

Cara berkembangbiak mahluk hidup merupakan cara untuk memiliki keturunan sehingga dapat melestarikan jenisnya agar tidak punah. Dengan demikian, cara berkembangbiak merupaka salah satu ciri-ciri dari mahluk hidup.  

Di dunia ini, cara berkembang biak mamhluk hidup sangatlah beragam. Sehingga setiap mahluk hidup memiliki cara berkambang biak yang khas dan unik dari species mereka masing-masing.

Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)



Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)


Macam-Macam Cara Berkembang Biak
Pada dasaarnya, cara berkembang biak mahluk hidup dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu secara generative (seksual) dan secara vegetative (aseksual).
  • Perkembang biakan generatif adalah cara pembentukkan individu baru yang didahului dengan peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
  • Perkembang biakan vegetatif adalah cara pembentukkan individu baru tanpa didahului dengan adanya peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja macam-macam perkembang biakan secara genaratif dan vegetative, cermati ulasan di bawah ini !

A. Perkembangbiakan Secara Generatif

Cara perkembang biakan generatif juga dapat disebut dengan perkembang biakan secara kawin. Dimana terdaoat proses pembuahan atau bertemunya sel kelamin jantan (sperma ) dan sel kelamin betina (sel telur). Cara berkembang biak secara generatif dibagi menjadi tiga, yaitu ovipar, vivipara, dan ovovivipar.

1. Ovipar (bertelur)

Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Dengan demikian, ovipar adalah cara berkembang bika yang dilakukan dengan bertelur. Umumnya dilakukan oleh jenis ungags, ikan, dan reptile. 

Dalam prosesnya, setelah terjadi pembuahan, embrio akan mulai tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Dalam cangkang telur ini akan tersedia nutrisi dan cadangan makanan yang siap dikonsumsi oleh embrio. Kemudian induk betina akan mengerami telurnya sampai tiba saatnya menetas menjadi hewan baru.
Cara perkembang biakan ovipar ini terbagi menjadi dua, yaitu secara internal dan eksternal.
  • Cara berkembang biak internal adalah perkembang biakan yang terjadi dalam tubuh induk betina. Contoh hewannya yaitu burung, ayam, bebek, dan penyu.
  • Cara berkembang biak eksternal adalah perkembang biakan yang terjadi di luar tubuh induk betina. Contoh hewannya yaitu ikan dan katak.
Beberapa ciri-ciri hewan yang berkembang biak secara ovipar atau bertelur, diantaranya yaitu :
  • Tidak memiliki kelenjar susu, sehingga induk tidak menyusui anaknya
  • Tidak mempunyai daun telinga
  • Induk betina suka mengerami telurnya

2. Vivipar (beranak)

Vivipar adalah cara perkambang biakan yang dilakukan dengan cara beranak atau melahirkan. Dalam prosesnya, embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Selama dalam rahim atau kandungan, embrio akan memperoleh nutrisi dari induk betinanya melalui plasenta. Induk akan mengandung selama beberapa bulan dan lamanya masa kehamilan akan berbeda setiap jenis hewannya.

Beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan yang berkembang biak secara vivipara yaitu :
  • Memiliki kelenjar susu, sehingga dapat menyusui anaknya
  • Memiliki daun telinga
  • Umumnya tubuh ditutupi oleh rambut
Contoh hewan yang berkembang biak secara vivipar yaitu hewan mamalia atau menyusui, seperti kucing, sapi, kera, kerbai, anjing, kambing, dan masih banyak lagi.

3. Ovovivipar (bertelur dan beranak)

Ovovivipar adalah kombinasi dari dua jenis cara perkembang biakan di atas. Hewan ini akan berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. Setelah terjadi pembuahan dalam tubuh induknya, embrio yang terbentuk akan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Namun, telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai menetas.

Setelah telur menetas, anaknya akan dilahirkan induknya menjadi hewan baru. Beberapa ciri-ciri hewan yang berkembang biak secara ovovivipar yaitu tidak menyususi dan umumnya hewan berdarah dingin. Contoh hewannya yaitu ikan hiu, platypus, dan kuda nil.


B. Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif merupakan kebalikan dari perkembang biakan generatif. Artinya, perkembang biakan jenis ini tidak melalui proses perkawinan. Umumnya, perkembang biakan vegetatif dilakukan oleh hewan tingkat rendah, yang tidak memiliki tubuh dengan struktur yang tidak sempurna.

Macam-macam cara perkembang biakan secara vegatatif terbagai menjadi tiga, yaitu tunas, fragmentasi, dan membelah diri. Cermati ulasan di bawha ini !

1. Membelah diri

Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)
Gambar Via : pinterest
Umumnya, cara perkembang biakan ini dilakukan oleh hewan bersel satu yang uurannya sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Dalam proses membelah diri, inti sel hewan akan membelah menjadi dua, kemudian diikuti dengan pembelahan dinding sel dan sitoplasma untuk membentuk individu baru tanpa adanya proses pertumbuhan.

Contoh hewan yang berkembang biak secara membelah diri yaitu Amoeba. Hewan ini memiliki bentuk tubuh yang berubah-ubah dan hidupnya di air. Hewan ini akan membelah tubuhnya menjadi dua bagian yang sama besar.

2. Fragmentasi

Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)
Gambar Via : ciptacendekia
Fragmentasi merupakan cara berkembang biak dengan memotong atau memutus bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian untuk membentuk individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi yaitu cacing planaria.

3. Tunas

Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)
Gambar Via : ciptacendekia
Dalam proses perkembang biakan ini, sebuah tunas kecil akan muncul di tubuh induknya. Setelah dewasa, tunas tersebut akan berpisah dari induknya dan membentu individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas yaitu Hydra yang hidup di dalam air.

Itulah Macam-Macam Cara Perkembang biakan Hewan

Semoga ulasan mengenai cara  perkembang biaka hewan di atas dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mempelajari materi ini. Dapat disimpulkan bahwa perkembang biakan tebagi menjadi dua, yaitu secara generatif fan secara vegetative. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Berkembang Biak Hewan beserta Ciri dan Contoh (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel