Contoh Teks Eksplanasi Tsunami beserta Strukturnya (Lengkap)

Tsunami merupakan salah satu peristiwa alam yang sering dijadikan topik dalam membuat sebuah teks eksplanasi. Teks eksplanasi tentang tsunami bertujuan agar para pembacanya paham mengenai bagaimana tsunami itu terjadi.

Teks eksplanasi merupakan salah satu teks karangan dengan isinya yang menjelaskan mengenai sebuah topik yang berhubungan dengan fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan gambaran dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham mengenai fenomena yang terjadi. Sehingga pembaca akan paham kronologi atau tuntutan dari sebuah fenomena yang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami beserta Strukturny (Lengkap)


Sebelum ke contoh teks eksplanasi bertema gempa bumi, alangkah baiknya sobat perlu mengetahui apa saja struktur teka eksplanasi. Cermati ulasan berikut ini !

Struktur teks eksplanasi

1. Identifikasi fenomena (phenomenon identification)

Bagian ini berisi pemasaran berupa identifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence)

Bagian ini juga bisa disebut sebagai deretan penjelasan karena berisi rincian proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
  • Rincian yang berpola atas pertanyaan "bagaimana" akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
  • Rincian dengan pola pertanyaan "mengapa" akan menghasilkan uraian yang tersusun secara sebab-akibat (kausalitas). Dengan demikian, fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat. 
3. Ulasan (review)

Ulasan atau review berisi penilaian atau komentar tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Untuk lebih memahami tentang teks eksplanasi, cermati contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi beserta strukturnya, di bawah ini !

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami


Contoh Teks Eksplanasi Tsunami beserta Strukturnya (Lengkap)


1. Pernyataan Umum

Tsunami berasal dari kata "Tsu" yang berarti pelabuhan dan "Nami" berarti gelombang. Menurut kajian para ilmuwan, dapat disimpulkan bahwa tsunami dapat diartikan sebagai tidal wave (gelombang pasang) atau gelombang laut yang terjadi akibat gempa (seismic sea waves).

Tsunami merupakan gelombang besar yang datang secara tiba-tiba dan bergerak cepat menerjang kawasan pantai. Gelombang besar tersebut bisa terbentuk akibat adanya aktivitas atau letusan gunung berapi bawah laut. Saking besarnya gelombang tsunami, dampak kerusakan menjadi sangat parah saat menghantam daratan pantai.

2. Daerah penjelasan (isi) :

Proses terjadinya tsunami bisa terjadi karena gempa di dasar laut dan adanya letusan gunung berapi di dasar lautan.

Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi terjadinya tsunami yang sangat berbahaya. Tsunami terbentuk di dasar laut saat permukaan naik turun di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Akibat dari patahan tersebut, keseimbangan air laut akan terganggu. Semakin besar patahan, tenaga gelombang pun semakin besar pula. Sesaat terjadinya gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut akan kembali ke arah daratan dengan bentuk gelombang yang besar.

Selain itu, tsunami juga bisa terjadi karena adanya letusan gunung berapi di dasar laut.
Akibat dari adanya letusan tersebut, pergerakan air laut akan semakin tinggi. Semakin besar letusannya, maka gelombang yang dihasilkannya pun semakin besar. Akibatnya, kerusakan yang terjadi di daratan akan parah pula.

Tsunami memiliki kecepatan yang hampir sama dengan laju pesawat terbang, yakni sekitar 700 Km/Jam. Kecepatan tsunami akan menurun saat melalui lautan dangkal, namun gelombang tsunami justru akan semakin tinggi.

Umumnya, tinggi dari gelombang tsunami sekitar 50-100 m dan menyebar ke segala arah yang dilaluinya. Ketinggian gelombang tsunami juga bisa dipengaruhi oleh kedapaman dan bentuk dari pantainya.

3. Review (ulasan) :

Tsunami merupakan bencana yang bisa menyebabkan kerusakan yang besar bagi kehidupan manusia. Tak jarang juga harta benda dan nyawa pun ikut menjadi taruhannya saat tsunami menerjang. Tsunami akan menyeret apa saja yang dilaluinya.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana alam ini. Namun, kita juga tidak perlu khawatir karena pada dasarnya tidak semua tsunami membentuk gelombang yang besar. Selain itu, tidak semua  gempa dan letusan gunung berapi dasar laut akan menyebabkan tsunami.

Itulah contoh teks eksplanasi tentang tsunami beserta strukturnya 

Semoga contoh teks eksplanasi tentang tsunami di atas bisa menjadi referensi bagi sobat dalam mempelajari materi teks eksplanasi. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Eksplanasi Tsunami beserta Strukturnya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel