Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Strukturnya (Lengkap)

Bagaimana contoh teks eksplanasi tentang banjir?  Berikut adalah contoh teks eksplanasi banjir beserta strukturnya.

Teks eksplanasi merupakan salah satu teks karangan dengan isinya yang menjelaskan mengenai sebuah topik yang berhubungan dengan fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan gambaran dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham mengenai fenomena yang terjadi. Sehingga pembaca akan paham kronologi atau tuntutan dari sebuah fenomena yang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Strukturnya (Lengkap)


Sebelum ke contoh teks eksplanasi bertema gempa bumi, alangkah baiknya sobat perlu mengetahui apa saja struktur teka eksplanasi. Cermati ulasan berikut ini !

Struktur teks eksplanasi

1. Identifikasi fenomena (phenomenon identification)

Bagian ini berisi pemasaran berupa identifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence)

Bagian ini juga bisa disebut sebagai deretan penjelasan karena berisi rincian proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
  • Rincian berpola dengan pertanyaan "bagaimana" akan menghasilkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini f7ase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
  • Rincian yang memiliki pola pertanyaan "mengapa" akan menghasilkan uraian yang tersusun secara sebab-akibat (kausalitas). Dengan demikian, fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat. 

3. Ulasan (review)

Ulasan atau review berisi penilaian atau komentar tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi Budaya Wayang & Strukturnya (Lengkap)

Untuk lebih memahami tentang teks eksplanasi, cermati contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi beserta strukturnya, di bawah ini !

Contoh Teks Eksplanasi Banjir


Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Strukturnya (Lengkap)


1. Pernyataan umum :

Banjir merupakan luapan air yang menggenangi atau membanjiri suatu daerah. Banjir menjadi sebuah hal yang akan mempengaruhi kehidupan dan menyebabkan kerusakan. Banjir kadangkala menjadi momok yang menakutkan, salah satunya di Kota besar seperti Jakarta.

Mirisnya lagi, hampir setiap tahunnya Jakarta menjadi langganan banjir di saat musim penghujan.

2. Deretan penjelas :

Banjir terjadi saat sungai tidak lagi mampu untuk menampung jumlah air yang kian bertambah, sehingga air pun akan meluap hingga menggenangi area pemukiman warga. Banjir dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi beserta Struktur (Lengkap)

Faktor alam, banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi dan lokasi geografis daerah yang lebih rendah. Jakarta merupakan salah satu contohnya, dengan adanya faktor-faktor di atas, maka tak mengherankan jika daerah tersebut sering menjadi langganan banjir.

Selain faktor-faktor alam, faktor manusia juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya banjir. Contohnya saja mereka yang membuang sampah sembarangan ke sungai, sehingga akan menghambat aliran air dan akhirnya terjadilah banjir.

Di samping itu, pola kepadatan penduduk yang tinggi di kota besar pun akan berdampak pada daerah resapan air. Lahan-lahan kosong akan dialih fungsikan menjadi sebuah bangunan, sehingga akan mengurangi dan menghilangkan daerah resapan air.

Banjir berdampak pada beberapa kerugian materi bagi manusia, seperti rusaknya rumah, harta benda, sarana dan prasarana, serta infrastruktur yang menyebabkan tidak bisa digunakan kembali. Tak hanya itu, demi keselamatan nyawanya, masyarakat harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun, ada juga yang memilih bertahan untuk menjaga harta benda mereka.

Baca juga : 10 Contoh Explanation Text Singkat Berbagai Tema + Artinya

Selain berdampak pada kerugian secara materi, banjir juga mengancam kesehatan masyarakat. Tak jarang dari mereka banyak yang terjangkit beberapa penyakit yang penularannya melalui media air, misalnya gatal-gatal, kudis, dan lainnya.

3. Review :

Oleh karena dampaknya yang sangat kompleks bagi kehidupan manusia, sudah sepantasnya kita menjaga keseimbangan alam. Misalnya dengan menjaga kelestarian hutan, menjaga kelancaran aliran air, dan menjaga perilaku kita dari segala hal yang akan merusak lingkungan.

Selain itu, sebagai langkah represif, pemerintah dan organisasi masyarakat harus bersatu padu dalam menanggulangi bencana banjir. Dengan demikian, kerugian dari bencana alam ini bisa diminimalisasi.


Itulah contoh teks eksplanasi tentang banjir 

Semoga contoh teks eksplanasi di atas dapat dijadikan referensi bagi sobat dalam memahami apa itu teks eksplanasi. Semoga ulasan di atas bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Strukturnya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel