Promosi Adalah? Pengertian, Jenis, Manfaat, Dan Teknik Promosi

Kegiatan pemasaran tidak hanya berhubungan dengan pembuatan produk, distribusi, dan penjualan produk.Tetapi berkaitan pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.

Pengertian promosi, tujuan, jenis, manfaat, sasaran, dan teknik promosi

 

1. Pengertian promosi

Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsaungan hidup perusahaan serta meningkatkan kualtas penjualan.

Baca Juga : Break Even Point (BEP) Adalah? Manfaat, Rumus, & Contoh Soal

Promosi adalah segala bentuk komunilkasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, atau[un rumah tangga (Simamora, 2003:285).

2. Komponen promosi

Kegiatan promosi terdiri dari empat komponen utama yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan tatap muka.
  • Periklanan (advertising) 
Merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal dan tidak langsung tatap muka (iklan) dengan memberikan pembayaran kepada sebuah organisasi atau media massa untuk menyebarluaskan produk. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lain lain.
  • Promosi penjualan (sales promotion
Merupakan bentuk komunikasi langsung (tatap muka) berupa insentif (bonus) jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya adalah obral, pemberian kupon, pemberian contoh produk, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Batik Tulis Dengan Gambar Hewan Unik
  • Penjualan tatap muka (personal selling) 
Merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan penjelasan untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
  • Publisitas atau Hubungan Masyarakat 
Merupakan bentuk komunikasi non personal (tidak tatap muka) yang berbentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk-produknya yang disebarluaskan melalui perantara media massa dan tidak dipungut biaya, tetapi bukan juga cuma-cuma.


3. Tujuan Promosi

Strategi promosi dilakukan para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya dan meningkackan loyalitas pelanggan terhadap brand merek produknya. Salah satu strategi tersebut dapat dilakukan untuk meningkatkan para pelanggan dan meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya.

Berikut adalah salah satu tujuan utama yang mempromosikan sebuah produk yaitu :
  • Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan
Keberadaan promosi penjualan sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pelanggan. Para pelanggan sengaja menanti acara promosi sebuah produk untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.  Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendir bagi para konsumen, sehingga mereka tidak segan untuk ikut bergabung untuk mendapatkan produk unggulan yang sedang diobral besar-besaran.

Baca Juga : Kata Bijak Islami Singkat Tentang Kehidupan - Penyejuk Hati Dan Jiwa
  • Meningkatkan angka penjualan
Para pelaku usaha sengaja mengadakan promosi dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan omzet besar setiap bulannya. Biasanya strategi ini dijalankan para pengusaha yang memiliki stok persediaan barang di gudang cukup melimpah. Jadi, strategi promosi ini sengaja dilakukan untuk menghabiskan stok lama atau persediaan barang di gudang serta meningkatkan perputaran uang agar dapat segera dikembalikan modal.
  • Membangun loyalitas konsumen  
Tujuan promosi lainnya yaitu untuk menjaring para pelanggan yang awalnya hanya ingin coba-coba, menjadi pelanggan tetap yang akan menggunakan produk yang dibuat secara berkelanjutan. Misalnya dengan memberikan diskon, kupon dan lainnya sehingga konsumen semakin tertarik membeli produk yang ditawarkan.

4. Manfaat promosi

Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat lain dari kegiatan promosi :
  • Mengetahui produk yang dinginkan para konsumen 
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk 
  • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga konsumen 
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran 
  • Mengetahui strategi promosi yang tepat untuk para konsumen 
  • Mengetahui persaingan pasar dan cara mengatasinya 
  • Menciptakan citra produk dengan adanya promosi 

5. Sasaran Promosi 

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi adalah menargetkan promosi dengan tujuan agar promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar  Berikut ini 5 kiat yang dapat membantu dalam melakukan promosi sehingga tepat sasaran, yaitu:
  • Tentukan Target Pasar 
Langkah ini merupakan langkah pertama atau dasar dari segala bentuk promosi.  Pelaku bisnis harus cermat dalam melihat siapa saja konsumen kita sehingga kita menyesuaikan apa saja yang akan kita sampaikan, bagaimana penyampaiannya, kapan saja dan di mana kita bisa membicarakan bisnis kita.
  • Tentukan tujuan promosi
Menentukan tujuan promosi dilakukan untuk mengetahui langkah berikutnya. Para pelaku usaha bisa mengambil promosi dengan menawarkan berbagai produk yang paling banyak diminati, promosi dengan memberikan diskon tertentu atau pun dengan mengenalkan produk teranyar dari bisnis kita.
  • Membuat isi pesan yang menarik 
Isi pesan dalam promosI sangat penting, karena dalam penyampaiannya menentukan minat atau ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Pesan yang diambil dalam melakukan promosi harus dicermati sehingga penggunaannya dapat dengan jelas maksud dan tujuannya.
  • Pilih sarana Promosi 
Sarana promosi ini harus dicermati agar konsumen sebagai target yang kita mengetahui  dengan mudah isi pesan yang kita sampaikan.  Ada 2 sarana dalam melakukan promosi yaitu pribadi dan non pribadi.

- Promosi pribadi ini dilakukan langsung tatap muka maupun melalui telepon. Cara ini dianggap paling efektif konsumen dapat bertanya langsung tentang apa saja yang diperlukan dan informasi yang diberikan lebih jelas dan lengkap.

- Promosi non pribadi dapat melalui media sosial seperti Facebook.  Twitter, E-Mail, brosur, selembaran, banner dan sebagainya. Cara ini merupakan promosi berupa iklan yang pengemasannya sebaiknya sangat atraktif atau menarik agar mengundang perhatian konsumen mengenai produk yang ditawarkan.
  • Buat Anggaran Promosi 
Kegiatan promosikan tentunya memiliki anggaran tersendiri.  Anggaran promosi ini bisa meninjau lebih lanjut efektivitas promosi yang dilakukan. Kegiatan promosi ini bertujuan untuk meningkatkan pemasukan dari bisnis yang dijalani. Jadi, anggaran promosi harus berbuah keuntungan lebih bagi bisnis yang dijanani dikemudian hari.

6. Teknik promosi

Kegiatan sales promotion (promosi penjualan) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pemasaran.  Seorang wirausahwan harus mengetahui beberapa strategi penjualan untuk meninkatkan popularitas produk yang dihasilkan. Beberapa teknik promosi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Pemberian kupon (coupons) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan sertifikat yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang dicakup untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan koran.  Kupon agar efektif memberikan potongan harga 15% hingga 20%).
  • Price off deals/ Discount (Potongan harga) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga hasil dari 10% -25%.
  • Premium dan advertising specialties (Promosi spesial) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif (bonus) untuk membeli produk tertentu.
  • Contes and sweeptakes (Kontes dan Undian) 
Teknik promosi ini dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran untuk memenangkan uang tunai, perjalanan wisata atau barang-barang karena membeli sesuatu. Teknik ini dapat juga dilakukan dengan cara memberikan kontes tentang perusahaan.
  • Sampling and trial offers (pemberian contob produi) 
Teknik promosi ini dengan menawarkan secara gratis untuk sejumlah produk atau jasa tertentu. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke rumah dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sampel adalah cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru. Beberapa teknik yang dipergunakan pada sampling adalah :
- In store sampling yaitu pemberian contoh produk di dalam toko

- Door to-door sampling yaitu promosi dengan memberikan contoh produk dengan mendatangi konsumen dari pintu ke pintu (satu per satu). Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif ika pemasaran mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area tertentu.

- Mail sampling yaitu mengirimkan contoh prosuk melalui jasa pos. Teknik ini merupakan alternatif dari distribust door to door.

- Newspaper sampling yaitu penyebarluasan contoh produk melalui media berita seperti surat kabar, majalah, dan lainnya.

- On-Package sampling yaitu teknik dimana contoh barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted. Contohnya pembelian makanan utama berhadiah ice cream.

- Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi tempat yang ramai misalnya mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat perbelanjaan.

- Brand (Product) placement adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film. Contoh artis melakukan adegan makan/minum dengan menggunakan produk yang dipromosikan.

- Rebates (Rabat/ tawaran pengembaian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen. Misalnya slogan beli tiga, gratis satu”.

- Frequency continuity programs yaitu teknik promosi yang mengarah kepada program atau kegiatan yang berkelanjutan (rutin dilakukan). seperti menawarkan konsumen diskon atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.

- Event Sponsorship yaitu promosi dengan menjadi spronsor pada suatu event besar yang ramai orang-orang. Seperti pertandingan sepak bola, konser musik, dan kegiatan yang ramai lainnya. Kegiatan tersebut akan membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.

Penutup

Itulah ulasan mengenai kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Semoga dapan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Promosi Adalah? Pengertian, Jenis, Manfaat, Dan Teknik Promosi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel