7 Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga

7 Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga
7 Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga

Bangmaul.com - Di dalam artikel kali ini akan membagikan tips bagaimana cara merawat Anggrek Bulan, terutama untuk pemula. Jika kamu ingin agar anggrek bulan yang dimiliki rajin berbunga dengan indah, simak tips-tips berikut ini dengan seksama.


Anggrek bulan merupakan salah satu jenis anggrek yang terkenal dan banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias. Bunga ini memiliki keindahan yang khas, dengan kelopak bunga yang lebar dan berwarna cerah.


Anggrek bulan adalah tanaman epifit, yang berarti tumbuh menempel pada tanaman lain. Anggrek bulan tidak mengambil nutrisi dari tanaman inangnya, melainkan dari udara dan hujan. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Phalaenopsis amabilis dan termasuk ke dalam keluarga Orchidaceae.


Anggrek bulan berasal dari daerah tropis, dan tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk Asia Tenggara, Australia, dan Amerika Selatan. Di Indonesia, anggrek bulan dapat ditemukan di berbagai daerah, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.


Keistimewaan Anggrek Bulan


Anggrek bulan memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya berbeda dari jenis anggrek lainnya, antara lain:


Bunga yang indah dan harum: Anggrek bulan memiliki bunga yang besar dan berwarna cerah. Tak hanya itu, tanaman satu ini juga memiliki aroma yang harum sehingga banyak pecinta tanaman hias terutama jenis anggrek yang mengincarnya.


Perawatannya yang mudah: Anggrek bulan merupakan salah satu jenis anggrek yang mudah dirawat. Anggrek bulan hanya membutuhkan penyiraman secukupnya dan paparan sinar matahari yang cukup.


Nilai jual yang tinggi: Anggrek bulan memiliki nilai jual yang tinggi. Anggrek bulan sering dijadikan sebagai tanaman hias, dan juga digunakan dalam industri parfum.


7 Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga


1. Pemilihan Pot yang Tepat


Pilihan pot sangat penting dalam merawat anggrek bulan. Pilihlah pot yang memiliki banyak lubang, baik itu pot keramik, gerabah, atau plastik. Pot gerabah adalah pilihan ideal karena bisa menyerap air dengan baik, mencegah endapan air di dasar pot.


2. Penyiraman yang Bijak


Hindari penyiraman yang terlalu sering, terutama jika kamu masih menggunakan pot dengan akar yang terbentuk. Penyiraman sebaiknya dilakukan saat medium tumbuhan kering setengah. Pastikan tidak menyiram bagian bunga, karena bisa membuat bunga layu dan rontok.


3. Pupuk yang Sesuai


Jangan terburu-buru memberikan pupuk pembungaan pada anggrek yang masih muda atau sedang dalam pertumbuhan. Simpan pupuk ini untuk anggrek dewasa. Pastikan juga untuk tidak terlalu sering memberikan vitamin B1, agar tanaman tidak mati.


4. Penempatan yang Tepat


Anggrek bulan sebaiknya ditempatkan di lokasi yang mendapatkan sinar matahari secukupnya, sekitar 30%. Namun, hindari paparan langsung terhadap sinar matahari. Tempatkan anggrek di bawah naungan atau dekat dengan pohon yang memberikan naungan.


5. Pemotongan Batang yang Tidak Produktif


Selalu periksa batang anggrek Anda. Ada dua jenis batang, yaitu yang masih produktif dan yang sudah tidak produktif. Batang yang masih hijau dan segar masih produktif, sedangkan yang kuning dan kering perlu dipotong.


6. Pencegahan Penyakit


Lakukan penyemprotan fungisida minimal satu hingga dua kali seminggu, terutama saat musim hujan. Anggrek bulan rentan terhadap busuk akar. Selain itu, semprotkan insektisida untuk mencegah serangan ulat dan lalat buah.


7. Repotting Jika Diperlukan


Jika anggrek bulan milikmu mengalami layu atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk membongkar pot dan mengganti medium tanamnya. Kadang-kadang, masalah terletak di medium tanam yang perlu diganti.


Pelajari juga 4 manfaat bunga kemuning untuk kesehatan dan 6 tumbuhan yang berkembang biak dengan cara tunas adventif.


Demikianlah 7 tips penting dalam merawat anggrek bulan, terutama bagi pemula. Dengan mempraktikkan tips-tips di atas, harapannya anggrek bulan akan tumbuh sehat dan indah. 


Terima kasih atas kunjungannya di artikel seputar bunga anggrek ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel